POPULAR STORIES

Proyek Anti Macet Di China Gagal Total, Ratusan Bus Canggih Terbengkalai

Proyek Anti Macet di China Gagal Total, Ratusan Bus Canggih Terbengkalai

Kabaroto.com - China pada tahun lalu membuat proyek bus anti macet. Bus ini diproduksi oleh TEBtech, TEB-1 Straddling. Kini, proyek ini dikabarkan gagal total.

Padahal bus TEB-1 Straddling telah melalui sejumlah uji coba di Kota Qinhuanandao, Provinsi Hebei, China pada Agustus 2016 lalu.

Seperti dilansir Shanghai News, Rabu (28/6/2017), bus dengan tinggi 300 meter, panjang 22 meter, dan lebar 7,8 meter itu kini mulai dibongkar. Kondisi bus ini terbengkalai tanpa adanya proses pengembangan. Melalui foto yang beredar di internet, bus tampak tak terawat dan berkarat.

Media Pemerintah China meragukan proyek tersebut akan berhasil dan menuduh bahwa itu merupakan tipuan pembangunan. Ditambah lagi penjabat Kota Qinhuanandao tidak mendapat kabar bahwa kendaraan tersebut tengah melakukan uji coba di sana.

Meskipun proyek bus antimacet gagal, namun konsep ini bisa saja menjadi inspirasi ke depannya. Tujuan awal adanya proyek ini adalah mengurangi penduduk menggunakan kendaraan pribadi dan menciptakan kendaraan yang bisa melewati jalan yang macet.

TEBtech mengembangkan kendaraan antimacet ini mengambil inspirasi dari bus dan kereta. Keduanya digabung menjadi satu sehingga terciptalah kendaraan yang berjalan di atas rel dan memiliki "terowongan" di bawahnya sehingga bisa melewati mobil. Bus ini memiliki tiga rangkaian kabin seperti gerbong pada kereta.

Berita Terkait

Berita Terkait