POPULAR STORIES

10 Tahun Teknologi DCT Di Sepeda Motor Honda

10 Tahun Teknologi DCT di Sepeda Motor Honda Sumber Foto : Honda

KabarOto.com – Transmisi kopling ganda atau dikenal Dual-Clucth Transmission (DCT) mungkin bukan hal baru bagi industri otomotif dan sepeda motor. Jenis pemindah daya ini telah digunakan secara luas oleh pabrikan Honda sejak kemunculan pertama pada 10 tahun lalu.

Transmisi model ini pertama kali diperkenalkan oleh pabrikan Honda pada produk model touring sport terbarunya, yaitu VRF1200F. Mengusung mesin V4 dan sistem transmisi DCT yang dihadirkan saat itu, menciptakan fenomena baru pada industri sepeda motor.

Baca Juga : Dijual Di Indonesia, Ini Harga Resmi Honda CBR1000RR-R Fireblade

Bahkan, saat itu pasar merespon perubahan ini dengan positif, baik dari segi performa dan kenyamanan berkendara yang lebih unggul dari kompetitor.

Sejak saat itu, Honda memasang pemindah daya DCT ini dalam berbagai model pada line-up sepeda motornya. Untuk pasar Eropa, lebih dari 140.000 unit terjual pada tahun 2019. Mencakup 45% Honda Africa Twin, 52% Honda NC750X, dan 67% Honda Gold Wing.

Transmisi kopling ganda Honda merupakan kopling elektro-hidraulik otomatis dan gearbox operasi pemindahan gigi. Terdiri dari sepasang paket kopling independen yang ditempatkan dalam satu unit.

Masing-masing terhubung ke set gigi terpisah. Satu kopling bekerja dengan gigi start-up seperti posisi 1, 3, dan 5. Lalu, dengan posisi 2,4 dan 6. Saat satu kopling terlepas, kopling lainnya secara bersamaan mengaktifkan gigi target untuk memastikan perpindahan gigi yang konsisten cepat dan mulus, tanpa kehilangan penggerak ke roda belakang.

Baca Juga : Ini Kebaruan Honda CRF1100L Africa Twin

Keberhasilannya sebagian besar penjualan disebabkan oleh evolusi teknologi yang konstan, dengan penyempurnaan pada kehalusan dan pengaturan waktu perpindahan gigi. Dan, adaptasi guna menyesuaikan karakteristik berkendara yang dibutuhkan dari berbagai model yang berbeda.

Termasuk tambahan ‘G Switch’, fokus off-road untuk model Africa Twin dan X-ADV. Dipadu sinkronisasi Hill Start Assist, Walking Mode, dan Idling Stop pada motor touring mewah GL1800 Gold Wing.