POPULAR STORIES

11 Komponen Penting Yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik Ke Kampung Halaman

11 Komponen Penting yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik ke Kampung Halaman Shop&Drive

KabarOto.com - Mudik sudah menjadi tradisi yang paling dinanti ketika bulan Ramadan tiba, kembali ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat disela aktivitas rutin menjadi kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat.

Meski begitu, perjalanan mudik panjang yang biasanya menghabiskan waktu berjam-jam harus disertai dengan kondisi kendaraan yang prima. Sebelum melakukan perjalanan mudik ada baiknya melakukan cek rutin komponen kendaraan yang krusial seperti aki, oli, hingga kaki-kaki mobil.

Jika berangkat dari layanan Shop&Drive setidaknya ada 11 poin pemeriksaan rutin kendaraan yang diberikan secara cuma-cuma seluruh gerai Shop&Drive. Dengan layanan ini, diharapkan dapat membantu dan memudahkan pemudik untuk memeriksa kendaraannya sebelum melakukan perjalanan mudik.

Berikut komponen yang penting untuk diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik ala Shop&Drive:

1. Kelistrikan dan Air Accu (aki)

Pengecekan pada sistem kelistrikan aki bertujuan untuk mengetahui tingkat voltase aki. Jika tingkat voltase lemah, maka dapat mengakibatkan mobil sulit dihidupkan atau aki soak di tengah perjalanan mudik.

Terminal aki yang kotor juga wajib dibersihkan dan dikencangkan kembali, karena jika terminal aki kendor pada nantinya dapat menyebabkan sistem kelistrikan yang tidak bekerja dengan sempurna.

Selain itu, kabel pada aki juga merupakan bagian yang tidak boleh dilupakan dalam pengecekan. Karena jika tidak terpasang dengan baik, maka akan menyebabkan korsleting
sehingga dapat menyebabkan kabel aki meleleh bahkan menimbulkan percikan yang mengakibatkan terbakarnya kendaraan.

Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika air aki kering, maka akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik. Dengan mengganti aki baru sebelum mudik, tentunya akan menjamin kenyamanan dan keamanan selama perjalanan mudik.

Baca juga: 10 Tips Jitu Cara Membeli Mobil Bekas

2. Oli mesin, Transmisi, Gardan

Oli mesin, transmisi, maupun gardan juga tidak dapat diabaikan dalam pengecekan. Dengan melihat fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen, maka penggantian oli menjadi hal yang penting untuk dilakukan dalam upaya mencegah kerusakan komponen, overheating, menurunnya kualitas mesin, dan borosnya penggunaan bahan bakar.

3. Sokbreker

Sokbreker (Shock absorber) merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang timbul, saat kendaraan melewati gundukan atau lubang, terlebih lagi di jalanan yang tidak dapat diduga pada perjalanan mudik. Maka dari itu, pengecekan sokbreker harus dilakukan juga agar pengemudi selalu merasa nyaman dan terhindar dari bahaya.

4. Filter Udara

Filter udara penting untuk dibersihkan untuk mencegah tarikan mesin berkurang, pemborosan bahan bakar, suara mesin kasar, dan mesin tidak bekerja dengan sempurna.