POPULAR STORIES

12 Unit Jaguar E-Type 60 Collection, Dijual Sepasang

12 Unit Jaguar E-Type 60 Collection, Dijual Sepasang

KabarOto.com - Pada 15 Maret ini Jaguar E-Type genap berusia 60 tahun. Mobil lansiran 1961 yang pertama kali diperkenalkan melalui Geneva Motor Show 1961 itu sering dianggap sebagai salah satu mobil terindah di dunia.

Sebagai merayakan hari ulang tahunnya itu, Jaguar Classic telah meluncurkan Jaguar E-Type 60 Collection di mana ada 12 unit total yang terdiri dari enam unit coupe dan enam unit roadster telah direstorasi sepenuhnya hingga jadi seperti mobil baru dan dijual sepasang.

Untuk versi coupe-nya akan dicat dengan warna Flat Out Grey atau abu-abu tua. Sementara versi roadsternya memiliki warna Drop Everything Green atau hijau tua ikonik yang terinspirasi dari warna asli enam dekade lalu.

Baca Juga : Mercedes-Benz SL, Dari Masa Ke Masa Selama 69 Tahun

Para calon pembeli juga tidak perlu khawatir. Pasalnya ini sama seperti mobil mobil dan modern, hanya bentuknya saja yang klasik. Baik coupe dan roadster hadir dengan gearbox manual lima kecepatan synchromesh, serta rasio persneling dibuat lebih dekat untuk gaya berkendara lebih sporty dan pergantian gigi lebih mulus.

Mesinnya menggunakan XK yang sudah cukup dikenal, menggunakan konfigurasi enam silinder kapasitas 3.800 cc dengan output tenaga sebesar 265 dk. Lalu mendapat kipas pendingin elektrik dan knalpot stainless steel, pastinya lebih tahan lama dan memberikan efek suara lebih berkarakter.

Baca Juga : Toyota Supra Jarama Racetrack Edition Sangat Terbatas

Untuk mengikuti perkembangan zaman, fitur hiburan Jaguar telah melengkapi yang lebih modern dilengkapi konektivitas Bluetooth dan navigasi. Lalu gaya klasik masih diusung karena menggunakan balutan kulit Smooth Black untuk coupe sedangkan kabin roadster berwarna Suede Green.

Hal menarik juga ada pada ukiran konsol tengah yang menggambarkan rute yang diambil oleh mobil ini saat peluncurannya pertama kali ke Geneva Motor Show pada tahun 1961. Dan, demi menyelesaikan ukiran tersebut, memakan waktu setidaknya 100 jam.

Eksklusifnya lagi, ada logo peringatan E-Type 60 dengan tulisan “1961-2021” dengan setir berbingkai beech ringan dengan tombol klakson berbahan emas 24 karat. Lengkapnya lagi E-Type edisi khusus ini juga dilengkapi cover mobil, tas penyimpan alat, dan tas penyimpan dongkrak.

Soal harga, nampaknya mobil ini akan dibanderol sekitar 315.000 Euro atau sekitar Rp 5,4 miliar. Bagaimana, berminat jadi kolektor?