#2020: Tahun 'The Doctor'?

#2020: Tahun 'The Doctor'?

KabarOto.com - Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) telah memenangkan 115 balapan Grand Prix, Rossi adalah Juara Dunia sembilan kali dalam empat kategori dan salah satu yang terbaik yang pernah ada di arena MotoGP saat ini.

Tetapi bahkan seorang sekaliber Rossi masih memiliki satu atau dua impian untuk dicapai. Salah satunya mimpi 'The Doctor' meraih gelar kesepuluh yang sulit diraih. Di Malaysia ia bertarung dengan rekan senegaranya Andrea Dovizioso (Tim Ducati) untuk naik podium saat keduanya naik turun secara beruntun di salah satu balapan terberat musim ini, dan akhirnya Dovizioso meraih kemenangan.

Baca juga: Alex Marquez Gabung Repsol Honda Team Gantikan Posisi Jorge Lorenzo Yang Pensiun

Saat berlaga untuk pertama kalinya di kelas GP500, menjadi momen penting karir Rossi

Selanjutnya Marc Marquez tampil mendominasi selama musim balap 2019, Rossi kesulitan untuk mengejar laju Marquez. Kuda tunggangan Rossi memang belum mampu mengejar bahkan menyaingi motor Honda, akhirnya Marquez menjadi juara dengan raihan poin fantastis. Rossi hanya dibuat seperti tak berdaya musim 2019 kemarin.

Pada musim 2020, ada beberapa tujuan teknis penting untuk pabrikan asal Iwata, Jepang agar motor M1 lebih kuat, tugas utama tim pabrikan dan para insinyur mesin adalah membuat Yamaha sejajar dengan Ducati dan Honda dalam hal kecepatan tertinggi. Membenahi internal tim dengan meningkatkan kinerja, tak ketinggalan performa mesin Yamaha juga turut mendapatkan pekerjaan rumah bagi tim.

Baca juga: Abraham Tegaskan Tidak Ada Balapan MotoGP Untuk Dirinya Musim Depan

Performa mesin Yamaha masih kalah bersaing dengan Ducati dan Honda

Hingga musim ke-25 Rossi belum menjadi yang tercepat. Untuk musim 2020, ada Chief Crew baru untuk 'The Doctor' yakni David Muñoz naik dari Sky Racing Team VR46 di Moto2. Tugasnya untuk mengambil salah satu pekerjaan paling penting di ruang pit. Bertugas sebelumnya adalah Silvano Galbusera, kini mengepalai tim penguji Yamaha, sehingga masukannya akan tetap mudah diakses dan kemungkinan penting.

Rossi akan memasuki usia 41 tahun, menjadi momen penting sebelum akhirnya karir MotoGP harus padam. Karir Rossi yang melegenda sudah tak terbantahkan, namun ambisinya untuk meraih titel kejuaraan dunia ke-10 menjadi mimpi utamanya.

Jelang balapan musim pertamanya di Qatar, Rossi masih berharap kepada racikan tim Yamaha terhadap motor tunggangannya nanti. Pengalaman balapan selama 20 tahun, menjadi sekutu yang luar biasa saat dia menghadapi generasi saingan lainnya.

Mungkinkah tahun 2020 menjadi tahun 'The Doctor'?