POPULAR STORIES

3 Hal Penting Yang Perlu Diketahui Wanita Yang Hobi Ridding

3 Hal Penting yang Perlu Diketahui Wanita yang Hobi Ridding Lady Bikers Camp (istimewa)

KabarOto.com - Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, belakangan banyak sekali wanita-wanita di Indonesia yang biasa menggunakan sepeda motor. Baik untuk motor jenis skuter matik (skutik), motor bebek, hingga motor gede (moge) sekalipun.

Namun tahukah Anda, untuk menjaga keselamatan saat berkendara, setidaknya pengendara wanita harus mengetahui sejumlah informasi seperti yang dirangkum redaksi KabarOto berikut ini:

1. Pastikan motor dalam kondisi baik

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya para lady bikers bisa memeriksa kesiapan motor, dan pastikan dalam kondisi terbaik. Lakukan pengecekan mulai dari tekanan angin ban motor, lampu-lampu dalam keadaan menyala, spion terpasang dengan baik, dan juga kondisi fisik pastikan dalam kondisi prima.

"Para lady bikers harus perhatikan beberapa langkah sebelum memulai berkendara, mengenal karakter motornya. Minimal perawatanlah, seperti servis, tidak ada salahnya untuk mengetahui kondisi terkini dari motor yang digunakan sehari-hari. Kalau ada kerusakan harus mengetahui apa saja yang harus diganti, bagaimana harus merawatnya," ujar Inux Blazer, Presiden Lady Bikers Indonesia.

Baca juga: Tips & Trik Buat Lady Bikers Yang Suka Touring Versi Poppy Sovia

Ia pun menjelaskan, "Biar gimana pun sepeda motor itu kaki buat mereka. Jalan mereka untuk mencari rejeki, jadi sebaiknya juga harus dirawat dengan baik," beber Inux.

Lady Bikers

2. Persiapkan surat-surat kendaraan

Setelah memastikan kondisi sepeda motor dalam kondisi terbaik, lakukan pengecekan surat-surat kendaraan dibawa dan jangan sampai tertinggal. Karena pastinya dapat merugikan nantinya. Pastikan surat-surat seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) telah berada di dalam dompet ataupun tas Anda ya, ladies!

3. Gunakan Safety Gears yang sesuai

Jangan lupa menggunakan peralatan penunjang lainnya atau safety gears seperti sarung tangan, helm dengan standar SNI, dan juga masker jika diperlukan.

Sebaiknya ketika saat berkendara itu tidak menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Sebenernya yang baiknya itu mereka menggunakan sepatu model flat. Kalau pun ada kebutuhan untuk menggunakan sepatu hak, bisa saja menaruh sepatu di rak ataupun membawanya di tas atau pun di bawa di dalam bagasi motor.

Baca juga: Kartini Milennial, Usahakan Peralatan Ini Selalu Ada Di Dalam Mobil Ya!

"Pakai sepatu kets jangan sampai pakai sendal, saat berkendara juga sebaiknya menggunakan celana, karena kalau pakai rok itu kadang bikin ribet. Yang jelas menggunakan helm sudah pasti, lalu harus di klik dan aman. Jaket juga wajib dan juga sarung tangan," imbuh Inux.

Lebih lanjut Ia pun menambahkan, "Kadang ada juga yang menggunakan sarung tangan yang model buat masak, itu saya pastikan tidak bagus," pungkasnya.