POPULAR STORIES

Kartini Milennial, Usahakan Peralatan Ini Selalu Ada Di Dalam Mobil Ya!

Kartini Milennial, Usahakan Peralatan Ini Selalu Ada di Dalam Mobil Ya! Peralatan wajib yang ada di dalam mobil (Foto: Wandha)

KabarOto.com - Kini berkembangnya zaman sudah banyak perempuan bisa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh para kaum adam. Misalnya mengemudi sendiri, bahkan berpergian jauh menggunakan mobil pribadi. Kebebasan ini tentu bisa dirasakan oleh kaum hawa karena perjuangan hebat yang dilakukan R.A Kartini untuk menjunjung hak kaumnya.

Nah berbicara soal berkendara jauh, tidak bisa serta merta berangkat tanpa persiapan sama sekali loh. Para Kartini milennial juga harus tahu hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjaga keselamatan. Nah, sebelum mulai perjalanan pastikan benda-benda ini ada di mobil ya!

1. Dongkrak

Untuk berjaga-jaga, usahakan untuk selalu siap sedia dongkrak di dalam mobil. Biasanya posisi dongkrak ada di bagian belakang mobil, baik di bawah alas mobil maupun di atasnya. Jadi di bagian kabin paling belakang atau bagasi, ada alas yang bisa di buka. Di dalamnya terdapat beberapa ruang yang salah satunya adalah dongkrak.

Alat ini digunakan untuk keperluan mengganti ban. Nah, ketika sedang perjalanan dan mengalami gangguan pada ban, seperti bocor, pecah, dan sebagainya Sobat Kabroto sudah sedia dongkrak untuk memudahkan mengganti dengan ban serep.

Baca juga: Tips Mengendarai Motor Sport Untuk Para Kartini Masa Kini

Dongkrak ternyata juga bisa digunakan untuk membetulkan permasalahan lain loh, misalnya melakukan perbaikan pada sistem pengereman. Kegiatan ini juga membutuhkan dongkrak sebagai peralatan pendukung.

2. Ban serep

Nah, hal ini tidak kalah penting karena berhubungan juga dengan dongkrak. Ban serep merupakan cadangan yang digunakan ketika ban utama mengalami masalah. Bahkan anjuran ini berangkat langsung dari Pemerintah loh, karena dengan menyertakan ban serep maka akan mengurangi risiko di jalan raya.

Lokasi ban serep bermacam-macam nih, karena tidak semua jenis mobil menempatkan di tempat yang sama. Contohnya seperti Mitsubishi Outlander, lokasi ban serep berada di bagian yang sama dengan dongkrak yaitu di bawah alas bagasi.

Beberapa mobil diesel dengan ground clearance yang tinggi biasanya menempatkan ban serep di bawah mobil loh. Berbeda lagi dengan mobil-mobil seperti Toyota Rush yang keluaran lama, ban serep ada di pintu belakang mobil. Yaitu di dalam bulatan besar pada pintu bagasi mobil.

3. Kunci-kunci

Peralatan ini harus dipastikan selalu ada di dalam mobil. Alasannya, tidak hanya ban yang membutuhkan peralatan ini untuk perbaikan loh. Bagian lain seperti mesin misalnya, juga membutuhkan kunci-kunci untuk dapat dibetulkan.

Walaupun penting biasanya kunci-kuncian sering diabaikan. Sehingga ketika mobil mengalami masalah di tengah perjalanan panjang, cukup memakan waktu hanya untuk mencari cara membuka suatu bagian. Nah, jangan sampai lupa ya untuk membawa perlatan ini.

Baca juga: Keren Nih... Ada Duta Kartini Lady Bikers Di Indonesia

4. Segitiga Pengaman

Alat ini sepertinya sering kita lihat di jalan tol, misalnya truk atau mobil yang berhenti di bahu jalan kemudian diberi tanda segitiga pengaman ini. Ketika mobil atau kendaraan lainnya berhenti, segitiga pengaman harus dipasang.

Alat ini digunakan untuk pemberitahuan kepada pengendara lain atau bahkan polisi yang melintas, bahwa mobil sedang mengalami masalah. Selain itu, benda ini dapat menyala ketika malam hari ketika terkena sorotan lampu dari pengguna jalan lainnya.

Nah, ketika berhenti di pinggir jalan raya, segitiga pengaman dipasang pada jarak sekitar 3 meter untuk jalan padat. Sedangkan ketika jalanan lancar atau tidak terlalu padat, segitiga pengaman bisa dipasang dalam jarak 10 meter. Lain halnya dengan di jalan tol di mana jarak aman minimal 100 meter.

Sudahkan semua perlatan tersebut ada di mobil sobat KabarOto? Jika ada peralatan atau perlengkapan yang belum terpenuhi segera dilengkapi ya!