POPULAR STORIES

Tips Mengendarai Motor Sport Untuk Para Kartini Masa Kini

Tips Mengendarai Motor Sport untuk Para Kartini Masa Kini Duta Kartini Lady Bikers saat dikukuhkan di gedung Mabes Polri.

Kabaroto.com - Motor sport memang sangat menggoda. Siapapun pasti ingin mengendarainya. Dulu motor sport identik dengan kaum pria, mereka begitu gagah saat mengendarai kuda besi ini di jalan raya dan juga di arena balap. Namun seiring berkembangnya zaman, motor sport juga disukai oleh kaum wanita.

Mereka nampak tangguh saat mengendarai motor ini di jalan raya. Bahkan di beberapa komunitas motor besar dan motor sport seperti Ninja dan R25, ada beberapa member wanita. Bahkan ada juga Lady bikers yang membentuk komunitas motor sendri, semua anggotanya wanita.

Baca Juga: Tips & Trik Buat Lady Bikers Yang Suka Touring Versi Poppy Sovia

Nah Anda wanita, dan ingin mengendarai motor sport, dua Lady Bikers bernama Tiara dan Ajisela memberikan beberapa tips mengendarai motor sport.

1. Gunakan sepatu yang menutup mata kaki. Sepatu gunanya adalah untuk melincungi kaki dari berbagai benturan atau pentalan batu bahkan gesekan aspal jika terjatuh. "Kalau ada sepatu khusu riding tapi kalau tidak ada sepatu kets biasa atau booth juga cukup. Ini untuk melindungi jari kaki,mata kaki dari benturan atau gesekan aspal," papar Tiara.

2. Gunakan Gloves pelindung tempurung dan jari tangan. Gloves pelindung tempurung ini perlu, untuk melindungi lutut jika terjatuh, bentuknya yang sesuai dengan lutut cukup keras melindungi dari benturan mobil saat menyalip atau lindungi dari aspal.

3. Gunakan Helm Full Face. Helm full face harus digunakan sesuai dengan ukuran kepala agar nyaman. Helm untuk melindungi kepala bukan untuk takut ditilang polisi. "Helm itu sesuai dengan ukuran kepala, jangan terlalu longgar dan terlalu kecil, senyaman mungkin. Helm ini untuk keselamatan bukan karena takut ditilang polisi ya," tambah Tiara.

4. Gunakan Jaket dan Celana Panjang. Jaket ini untuk melindungi tubuh khusunya tangan dan sikut. JIka terjatuh maka sikut dan tangan akan terlindungi dari benturan atau gesekan. "Celana panjang juga harus dipakai itu untuk melindungi kaki, ya mesti pakai celana panjang deh," ujar Ajisela yang gemar touring ke berbagai daerah di Indonesia.

5.Kaca spion harus selalu terpasang. Spion motor ini menurut Jisel harus selalu dipasang. Biasanya motor sport full fairing itu spion motornya bisa dilipat, dan kebanyakan penggunanya selalu melipat spion ini, untuk melihat kondisi dan untuk alasan keselamatan, spion ini harus dipasang atau dibuka.

Baca Juga: Kegembiraan 21 Lansia Perempuan Bersama Lady Bikers Duta Kartini

6. Badan mesti fit. Seperti halnya menggunakan sepeda motor semua tipe, saat menggunakan motor ini badan juga harus fit dan sehat. "Motor sport itu kan berat jadi badan harus fit untuk menjaga kestabilan motor dan menopang beban motor yang cukup berat. Apalagi kalau turing, badan mesti fit selalu," tambahnya.

Itulah beberapa tips untuk para Kartini masa kini saat menaiki motor jenis sport, semoga bermanfaat!