POPULAR STORIES

3 Seksi Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi Resmi Dibuka, Waktu Tempuh Makin Cepat

3 Seksi Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi Resmi Dibuka, Waktu Tempuh Makin Cepat Jalan Tol Paspro (PUPR)

KabarOto.com - Pemerintah akhirnya meresmikan jalan Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) Seksi I-III. Ruas jalan tol yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa tersebut, diresmikan langsung Presiden Joko Widodo, dengan mengambil tempat di gerbang tol Probolinggo Timur, pada Rabu kemarin (10/4/2019).

Ketiga ruas jalan tol tersebut yakni, Seksi I Grati Pasuruan - Tongas (13,5 km), Seksi II Tongas - Probolinggo Barat (6,9 km) dan Seksi III Probolinggo Barat - Probolinggo Timur (10,9 km) dengan total panjang 31,3 Km.

Baca Juga: Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Fungsional Di Bulan Mei 2019

"Kalau nanti dari Merak sampai Banyuwangi itu sekitar 1.148 km, berarti masih kurang 186 km lagi yang insyaAllah tembusnya tahun 2021," kata Presiden dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, bahwa dengan diresmikannya Tol Paspro Seksi I-III ini, maka jalan Tol Trans Jawa yang telah terhubung saat ini menjadi 962 km. Mulai Merak, Jawa Barat hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Diresmikan oleh Presiden Jokowi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dengan diresmikannya ruas tol tersebut akan mengurangi kepadatan di Jalan Nasional Pasuruan-Probolingga sekitar 50 hingga 60 persen.

"Kita membutuhkan tambahan 13,7 km lagi untuk melanjutkan seksi IV dari Probolinggo Timur sampai Gending, ini akan sangat membantu akses ke kawasan wisata Bromo-Tengger-Semeru, yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," jelasnya.

Bisa digunakan untuk menunjang arus mudik lebaran 2019

Tol Paspro sendiri terdiri dari empat seksi, dengan total panjang 45 km. Total investasi Tol Paspro ini senilai Rp 4,8 triliun untuk tiga seksi dengan hak konsesi selama 45 tahun.

Baca Juga: Motor Mati Di Jalan? Ada Layanan Honda Yang Bisa Dipanggil 24 Jam

Sebelumnya, tol yang dibangun oleh PT Waskita Karya ini, telah diuji coba saat libur Natal dan tahun baru 2019. Otomatis, pasca peresmian oleh Presiden Joko Widodo, tol ini dapat digunakan selama mudik lebaran 2019.

Khofifah juga menngatakan, bahwa dengan beroperasinya Jalan Tol Paspro akan memangkas waktu signifikan perjalanan dari Surabaya ke Probolinggo dan sebaliknya. "Dari sebelumnya 2,5 hingga 3 jam menjadi hanya 1 jam," ujarnya.