POPULAR STORIES

30 Produsen Kendaraan Listrik Ikuti Indonesia Electric Motor Show 2021

30 Produsen Kendaraan Listrik Ikuti Indonesia Electric Motor Show 2021 Indonesia Electric Motor Show (IEMS) tahun 2019

KabarOto.com - Pameran kendaraan listrik bernama Indonesia Electric Motor Show (IEMS) kembali digelar. Event tahunan bertema "Innovation for Better Future e-Mobility" akan berlangsung di Kawasan Puspiptek Serpong, tangerang Selatan 24-26 November 2021.

Ada 30 perusahaan otomotif yang akan memeriahkan pameran ini, beberapa di antaranya pabrikan besar. Badan Riset dan Inovasi (BRIN), melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) sebagai penyelenggara pameran kendaraan listrik ini.

Baca juga: Jelang Penutupan GIIAS 2021, Nissan Tawarkan Promo Mobil Listriknya

Karena masih dalam kondisi Pandemik Covid-19, kegiatan akan dilangsungkan secara Hybrid Exhibition dan Hybrid Seminar. Dalam kegiatan diisi juga dengan talkshow, webinar series mengenai elektrifikasi. Tak hanya itu, telah disiapkan juga area Test Drive, di kawasan Puspitek, Serpong.

Dr. Ir. Barman Tambunan, M.Sc.Eng, IPU, MLA-1, Ketua Pelaksana IEMS 2021, yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor (B2TKE)-BRIN, menjelaskan, IEMS 2021 adalah bentuk dukungan BRIN dengan pemangku kepentingan juga produsen kendaraan listrik serta komponen pendukung lainnya untuk memacu inovasi dan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Event ini juga menjadi salah satu ajang jualan dan memamerkan teknologi kendaraan listrik. Dan yang terpenting, menurut dia untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik di Indonesia. "Inovasi dan riset kendaraan listrik bisa jadi pivot penting kesiapan industri dalam mendukung elektrifikasi di Indonesia," terangnya, Senin (22/11).

IEMS ini diharapkan seluruh pihak dari regulator, produsen, asosiasi, serta badan riset dan perguruan tinggi dapat menangkap pasar yang sangat potensial ini. "Dapat didukung penuh oleh industri dalam negeri, untuk mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2060," tambah Barman.

Beberapa produsen mobil dan motor seperti Toyota, Hyundai, Wuling, Astra Honda Motor, Gesits, Gelis dan Selis dipastikan hadir dalam evet ini. Lahan uji coba charging station dan test drive disediakan, untuk pengunjung agar bisa melihat dan mengenal teknologi terkait kendaraan listrik.

Baca juga: Kunjungi GIIAS 2021, Jokowi Kagum Dengan Mobil Produksi Lokal Dan Listrik

IEMS nantinya akan dibuka oleh Ketua BRIN Laksana Tri Handoko, Ketua Dewan Pembina BRIN, Megawati Soekarnoputri akan hadir membuka pameran. Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita serta Dadan M. Nurjaman, Plt. Kepala Organisasi Pengkajian dan Penerapan Teknologi BRIN juga rencananya hadir.