POPULAR STORIES

4 Bagian Kelistrikan Di Mobil Yang Harus Diperhatikan

4 Bagian Kelistrikan di Mobil yang Harus Diperhatikan New Mitsubishi Xpander (Dok: Kabaroto.com)

KabarOto.com – Banyak orang mengira sistem kelistrikan di mobil hanya bagian lampu dan aki. Padahal ada empat kriteria yang harus diperhatikan, pertama kelistrikan bagian luar, interior, mesin dan sistem keamanan kendaraan.

Untuk elektrikal bodi dalam sebuah kendaraan dibagi menjadi 2 tipe, yakni body harness dan engine harness. Body harness adalah kabel yang berhubungan dengan kelistrikan, lampu, power steering, dan sound system. Sedangkan, engine harness berkaitan dengan mesin dan transmisi, hal ini terhubung dengan ECU.

Baca Juga : Segini Harga Aksesori Resmi Mitsubishi New Xpander

Elektrikal interior, meliputi kelistrikan bagian dalam mobil yang umumnya sering mengalami banyak masalah, karena banyak pemilik mobil melakukan modifikasi di audio, aksesori, dan memperbanyak tempat charger.

Perihal kelistrikan bagian mesin, direkomendasikan jangan melakukan modifikasi pada spesifikasi mesin, karena sangat memengaruhi performa kendaraan.

“Saya rekomen sekali spesifikasi engine harness untuk tidak dimodifikasi karena sistem engine harness akan sangat memengaruhi performa kendaraan. Misalnya mobil mobil yang jaman sekarang ditingkatkan powernya dipasang chip. Saya kurang rekomen, karena dalam pabrikan semua kontrol unit dalam kondisi standar adalah posisi paling optimial,” jelas Rifat Sungkar, Brand Ambassador, Mitsubishi Motors.

Baca Juga : Legenda Paris Dakar Uji Ketangguhan New Mitsubishi XPander

Terakhir, eletrikal sistem keamanan. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman sistem elektrikal kenyamanan dan keamanan terintegrasi dengan engine harness. Keamanan yang ada di sini juga ada dua pasif dan aktif, untuk engine keamanan, tapi keamanan aktif di mobil itu sudah meliputi HSA, ESC, dan Cruise Control.

“Musim hujan seperti saat ini, membuat sistem kelistrikan pada mobil sering banyak gangguan. Oleh sebab itu, kita harus lebih aware lagi, jangan sampai mobil kita terlihat baik dari luar, tapi dalamnya rusak,” pungkas Rifat.