Legenda Paris Dakar Uji Ketangguhan New Mitsubishi XPander

Legenda Paris Dakar Uji Ketangguhan New Mitsubishi XPander Berbagai pengujian dilakukan untik New Mitsubishi Xpander (Foto: MMKSI)

KabarOto.com - New Mitsubishi Xpander menjadi salah satu produk terbaru yang disuguhkan untuk pasar Indonesia. Tak main-main, proses pengembangan low MPV ini dilakukan langsung di pusat R&D Mitsubishi di Jepang.

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan video Xpander baru sedang diuji oleh Hiroshi Masuoka. Pembalap legendaris juara Dakar Rally 2002 dan 2003 ini menguji mobil dengan beberapa tantangan.

Baca Juga: Rifat Sungkar Ungkap Soal Mitsubishi Xpander AP4 Usai Jadi Juara Nasional 2021

Dalam video memperlihatkan sebuah area yang berisi beragam rintangan untuk diuji. Harapannya, mobil ini dapat mencapai standar memuaskan, stabil dan nyaman saat melintas di berbagai rintangan.

Beberapa tantangan melewati gundukan yang cukup besar. Untuk memperlihatkan desain approach angle Xpander baru yang cukup tinggi di bawah bumper depan. Tantangan ini untuk memperlihatkan ground clearance yang memadai, untuk melibas beragam kondisi jalan dan departure angle di bagian bumper belakang.

Pengujian New Mitsubishi XPander (Foto: MMKSI)

Terdapat tantangan cambering, mobil ditempatkan dalam bidang miring, membuat satu roda Xpander tidak menapak tanah. Tantangan ini untuk perlihatkan kekakuan dari frame dan struktur bodi low MPV, untuk memberi kestabilan dan pengendalian saat digunakan.

Dalam permukaan jalan yang tidak stabil, tiga rodanya dengan kuat mencengkram permukaan. Tantangan lain mogul driving. Mobil melewati kondisi jalan yang sangat tidak rata.

Dalam tantangan ini New Xpander memperlihatkan ayunan suspensi yang membuat roda banyak bergerak naik turun,namun mobil tidak terlalu miring di kedua sisi. Ini membantu penumpang untuk tidak mudah mabuk darat.

Video lain memperlihatkan New Xpander dalam kondisi ban yang tengah selip tidak dapat menapak permukaan. Ban bagian depan diposisikan pada roller untuk simulasikan mobil yang terjebak pasir.

Mobil kemudian dapat lolos dengan menggunakan sistem pengendalian traksi yang secara elektronis, menghentikan selip dengan cara menginjak pedal gas, sehingga mobil bisa lolos.

Pengujian terakhir, mobil diajak mendaki tanjakan curam, kemudian memperlihatkan kemampuan ban yang dapat mencengkeram permukaan dan melaju tanpa ada kondisi ban selip. Transmisi CVT baru menggunakan kecepatan mesin yang paling efisien dan jarak torsi sehingga kekuatan mesin dapat disalurkan ke permukaan jalan.

Ini dilakukan untuk menepis anggapan penggerak depan tidak dapat menghadapi jalan tanjakan yang banyak ditemui di Indonesia. Masuoka mengungkap, New Xpander merupakan mobil yang dapat dikendarai dengan nyaman dan aman di semua kondisi jalan.

"Hadirnya tiga baris kursi membuat seluruh keluarga menikmati perjalanan jarak jauh bersama bahkan dengan kapasitas penuh," terangnya. Dia menambahkan, New Mitsubishi Xpander, memiliki bodi yang solid dan dapat merespon cepat saat ingin menghindari rintangan.

Baca Juga: Pemilik Mitsubishi New Xpander, Dapat Gratis Biaya Perawatan Melalui Smart Package

"Diameter shock absorber lebih besar, memberikan kenyamanan berkendara dengan suspension stroke yang cukup untuk melaju dengan stabil," terang Masuoka. Mobil ini hadir dengan beberapa varian seperti Exceed, Sport dan Ultimate dengan pilihan transmisi CVT dan manual. Dibanderol mulai Rp248 jutaan hingga Rp 272 jutaan.