4 Bus Listrik Bakal Tampil Di Busworld Southeast Asia 2022

4 Bus Listrik Bakal Tampil di Busworld Southeast Asia 2022 Ilustrasi bus produksi karoseri Tentrem (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Busworld Southeast Asia 2022 akan digelar pada tanggal 5 sampai 7 Oktober 2022, di JIExpo Kemayoran Jakarta. Pameran ini merupakan kerjasama antara GEM Indonesia dan Busworld International yang berpusat di Belgia.

Perusahaan karoseri nasional, seperti Adiputro, Laksana, New Armada dan Tentrem akan ikut dalam pameran. Selain itu, ada juga perusahaan bus asal Tiongkok, Zhongtong dan Golden Dragon.

Pihak penyelenggara akan memberikan kejutan kepada pengunjung, dengan menghadirkan bus listrik, premium dan pariwisata.

Baca Juga : Perusahaan Karoseri Bus Juga Terdampak Krisis Cip Semikonduktor

Baki lee selaku Direktur GEM Indonesia menjelaskan, bakal ada 7 bus baru ditampilkan selama pameran, 4 diantaranya adalah bus listrik. "Tapi semuanya masih rahasia, buat kejutan di pameran saja, " terangnya, di Jakarta, Selasa (20/09/2022).

Press conference Busworld Southeast Asia 2022

Busworld Southeast Asia 2022 targetnya akan dihadiri 15.000 pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri, seperti operator bus, agen perjalanan, pusat rental kendaraan dan perusahaan yang membutuhkan armada bus.

Baca Juga : Peralihan Dari Euro 3 Ke Euro 4, Jadi Kendala Tentrem Untuk Produksi Bus

Sebagai informasi, Busworld Southeast Asia terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2019. Pameran ini sempat berhenti karena adanya PPKM Pandemi Covid-19.

Pameran ini akan fokus mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, sesuai dengan kebijakan pemerintah Indonesia. Tujuannya adalah, mengurangi efek rumah kaca, dan menjadikan lingkungan lebih bersih dan hijau.

Bus dalam kota dan Bus Rapid Transit (BRT) menjadi fokus utama untuk pengembangan bus listrik. Ini terbukti dari banyaknya daerah di Indonesia, yang mulai menggunakan bus listrik sebagai alat transportasi umum.