POPULAR STORIES

Perusahaan Karoseri Bus Juga Terdampak Krisis Cip Semikonduktor

Perusahaan Karoseri Bus Juga Terdampak Krisis Cip Semikonduktor Sebuah bus juga membutuhkan Cip Semikonduktor (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Cip Semikonduktor, merupakan komponen yang cukup penting di sebuah kendaraan, baik motor, mobil dan juga komersial.

Tak hanya pada pabrikan motor, mobil dan sasis, perusahaan karoseri juga terdampak langkanya cip semikonduktor ini. "Kami terimbas juga ya, sasis itu kan rata-rata pakai semikonduktor untuk Ecu, otomatis pengiriman sasis dari principal ke kami terhambat," terang Nugroho Eko, Staff Marketing Karoseri Tentrem kepada KabarOto, Kamis (25/8).

Baca Juga: Bus Buatan Tentrem Bagian Depannya Selalu Terlihat Jenong, Ini Alasannya

Jadwal mereka untuk membuat sebuah bodi bus jadi tertunda. "Pengaruh di jadwal pembuatan saja, tapi kalau perangkat elektronik untuk pendukung sih aman, kita berusaha order saat ada pemesanan. Jadi pas sasis datang, perangkat elektronik sudah ada," terang Nugroho Eko.

Perangkat elektronik di dalam sebuah bus (Foto: KabarOto)

Sebagai informasi tambahan, cip semikonduktor merupakan bahan utama untuk membuat Integrated Circuit (IC). Terbuat dari gallium arsenide, germanium, silicon dan lainnya.

Baca Juga: Intip Avante H8 Grand Seigneur, Bus Sultan Buatan Tentrem Seharga Rp3 Miliar

IC merupakan komponen elektronika aktif, terdiri dari gabungan ratusan, ribuan bahkan jutaan komponen elektronik, seperti Transistor, Dioda, Resistor dan Kapasitor.

Nantinya dirangkai dan dikemas menjadi satu, bentuknya kecil. Semikonduktor ini biasanya digunakan pada komponen digital dan elektronik sebuah kendaraan.