POPULAR STORIES

Bus Buatan Tentrem Bagian Depannya Selalu Terlihat Jenong, Ini Alasannya

Bus Buatan Tentrem Bagian Depannya Selalu Terlihat Jenong, Ini Alasannya Bus buatan Laksana (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Bus Antar Kota Antar Priovinsi (AKAP) dan bus pariwisata, kini tampilannya lebih modern. Karoseri mendesain kendaraan besar ini berdasarkan permintaan konsumen.

Tentrem, salah satu perusahaan karoseri memiliki ciri khas. Bus buatan mereka cenderung lebih terlihat menjorok ke depan seperti jenong pada bagian depan.

Baca Juga: Intip Mewahnya Bus Sultan Buatan Tentrem Seharga Rp3 Miliar, Ada Ruang Karaoke

Kompetitor seperti Laksana dan Adi Putro, justru membuat bus dengan kepala depan rata. Lalu apa alasan Tentrem membuat bus model jenong? Marketing Staff PT Tentrem Sejahtera, Nugroho Eko S mengatakan, tujuannya supaya punya aerodinamika lebih baik, atau bisa memecah hambatan angin.

Bus Laksana dengan kepala jenong (Foto: KabarOto)

"Jadi kalau kita bikin nonong, itu ada angin yang terbuang ke bawah, ke atas, serta ke samping. Jadi buangan anginnya normal," terang Nugroho kepada KabarOto, di booth Tentrem, GIIAS 2022 belum lama ini.

Selain itu, tampilan jenong juga dihadirkan seiring trendingnya bus double glass atau kaca depan ganda beberapa tahun ini. "Tahun 2016 itu kan lahir era double glass. Kalau orang naik bus double glass, yang pertama kali dipertanyakan pasti adalah pandangan," tambahnya.

Tentrem menurut dia, sangat mengejar hal itu. Sehingga meskipun double glass, pandangan tetap luas ke depan. "Dengan posisi kaca yang seperti itu, akhirnya pilar pemisah kaca, atas dan bawah ini tipis, dan akhirnya pandangan ke depan jadi lebih los," tambah Nugroho lagi.

Baca Juga: Gunakan Sasis Hino Bus R260, Karoseri Tentrem Rilis Bodi Bus Avante H7 AB

Saat GIIAS 2022 lalu, Karoseri asal Jawa Timur itu memboyong beberapa model. Di antaranya yang mencuri perhatian adalah Avante H8 Grand Seigneur. Bus milik PO Bagong ini, dibuat mewah dengan desain interiornya dapat difungsikan sebagai ruang tamu, kamar tidur juga kantor. Kursi dan hiburannya dihadirkan untuk kenyamanan penumpang.