POPULAR STORIES

4 Fitur Pada Peugeot 3008 Yang Berguna Saat Musim Hujan

4 Fitur Pada Peugeot 3008 yang Berguna Saat Musim Hujan Peugeot 3008

KabarOto.com - Liburan akhir tahun sudah semakin dekat, banyak masyarakat yang menggunakan momen tersebut melakukan perjalanan wisata ke luar kota. Biasanya, masa-masa liburan dibarengi dengan masuknya musim penghujan di Indonesia.

Agar perjalanan semakin aman dan nyaman, banyak produsen mobil yang membekali produknya dengan fitur safety yang mumpuni, salah satunya adalah Peugeot. Pabrikan asal Prancis tersebut, telah melengkapi model 3008 SUV dengan fitur safety untuk mengatasi musim hujan.

Baca Juga: Pesan Sekarang Peugeot 3008 Special Edition Ini, 7 Hari Sudah Di Garasi!

Samsudin, Aftersales Support PT Astra International mengatakan, ada 4 fitur unggulan di Peugeot 3008 SUV dalam menghadapi jalan yang licin. Antara lain, seperti Sensor Automatic Wiping (SAW), Automatic Headlamp (AH), Electronic Stability Program (ESP) dan Advanced Grip Controle (AGC).

Tampilan belakang sporty Peugeot 3008

Lalu, seperti apa sih kinerja serta fungsi dari fitur yang disematkan pada Peugeot 3008 SUV ini?

1. Sensor Automatic Wiping (SAW)

Fitur ini merupakan peranti andalan dari Peugeot 3008 SUV juga New Peugeot 5008 SUV. Adapun fungsi SAW yaitu mengaktifkan tuas wiper secara otomatis, terutama disaat mobil terkena rintikan air hujan.

Fitur SAW akan berfungsi jika saklar wiper di tuas sebelah kiri kemudi, sudah di posisi Auto. "Lewat SAW, kecepatan wiper sudah disesuaikan dengan curah hujan yang turun, juga kecepatan kendaraan saat melaju di bawah rintikan hujan. Alhasil jarak pandang ke depan tetap sempurna," kata Samsudin.

2. Automatic Headlamp

Lampu utama bekerjasama dengan wiper otomatis

Fungsi SAW pada Peugeot 3008 SUV makin sempurna karena didukung pula oleh Automatic Headlamp (AH). Karena pada saat akan atau turun hujan, intensitas cahaya di sekitar pun ikut berkurang.

Dibutuhan penerangan agar jarak pandang pengemudi tidak terganggu. Makanya dengan mengaktif sekelar Auto AH di tuas sebelah kanan, pada saat intensitas cahaya
menurun atau redup, lampu secara otomatis akan menyala.

3. Electronic Stability Program (ESP)

Selain kedua fitur di atas, Peugeot 3008 SUV juga didukung sistem pengereman berteknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Emergency Brake Assist (EBA), serta teknologi Electronic Stability Program (ESP) juga Advanced Grip Control (AGC).

“Fungsi ESP adalah untuk menjaga kestabilan kendaraan dari under/over steer, berpadu teknologi Advanced Grip Control yang merupakan optimisasi dari traction control dengan pilihan 5 Grip Level yaitu Normal, Snow, Mud, Sand, dan ESP OFF," jelas Samsudin.

4. Advanced Grip Control

Dapat dioperasikan dengan mudah

Fitur ini, berfungsi untuk memberikan pilihan settingan mobil saat hendak melewati berbagai medan jalan yang akan dilalui. Dengan kata lain, meski berpenggerak 2 roda, tetapi mobil ini diklaim memiliki kemampuan layaknya sistem 4 wheel drive.

Baca Juga: Jelang Liburan Astra Peugeot Berikan Layanan Khusus

Dalam fitur Advanced Grip Control, pengemudi dapat memilih jenis medan yang akan dilalui, seperti normal, salju, pasir, tanah berlumpur atau ESP off. Setelah memilih jenis medan jalan yang akan dilalui, nantinya fitur Advanced Grip Control akan bekerja menyesuaikan antara putaran mesin dan girboks.

Hal itu demi menjaga momentum mobil saat akan melaju. "Selain itu, fitur ESP yang tersemat di mobil ini juga akan membantu mobil saat melalui medan jalanan berat," pungkas Samsudin.