4 Perusahaan Bersinergi Hadirkan Ekosistem Kendaraan Listrik

4 Perusahaan Bersinergi Hadirkan Ekosistem Kendaraan Listrik Motor listrik menggunakan Swap Baterai

KabarOto.com - Pemerintah terus mencanangkan program penurunan C02 di Indonesia. Beberapa perusahaan transportasi online, BUMN serta swasta mulai menjalin kerjasama dengan berbagai bentuk.

Seperti yang dilakukan Smoot Motor, Swap Energi, Grab dan PLN. Mereka menciptaakan ekosistem kendaraan ramah lingkungan yang terjangkau bagi semua kalangan.

Program ini sebagai salah satu dukungan untuk pemerintah, yang akan mengurangi emisi karbon hingga 41% pada tahun 2030. Kolaborasi dengan empat perusahaan merupakan bagian dari rencana infrastruktuir kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBBLB) Nasional roda dua.

Baca juga: Hanya 5 Hari, Grab Gandeng Good Doctor Lampaui Target Suntik 5 Ribu Vaksin

Smoot Motor dalam hal ini menyediakan armada motor listrik untuk digunakan mitra Grab melalui varian Tempur. Motor ini sudah dilengkapi dengan sistem tukar baterai dari Swap. Mitra Grab tidak perlu lagi melakukan pengecasan baterai hingga berjam-jam lamanya. Hanya menukarkan baterai 9 detik di titip penukaran (Swap Point) terdekat untuk melanjutkan aktivitas.

Smoot Motor yang digunakan mitra Grab (Foto: KO)

Swap telah menyediakan lebh dari 400 titik Swap Poin yang tersebar melalui jaringan Alfamidi, Alfamart dan Shell untuk area Jabodetabek. Sementara di Bali, puluhan Swap point sudah tersebar, dan tempat penukaran baterai ini bisa ditemukan melalui aplikasi Swap Energi.

Selain bisa menemukan tempat Swap terdekat, bisa terhubung dengan Smoot Motor listrik, yang memiliki fitur cek kondisi motor, booking baterai, sampai mematikan motor dari jarak jauh, sebagai salah satu sistem keamanan.

Kerjasama dengan PLN memperluas jaringan Swap Poin dengan menambah semakin banyak lagi titik strategis untuk pemilik Smot motor dan merekk motor listrik lainnya.

Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia dan Swap Energi Indonesia Irwan Tjahaja mengatakan, kolaborasi ini disambut baik, dengan harapan ekosistem dari Swap Energy dan Smoot dapat berkontribusi terhadap pengurangan polusi udara di Indonesia.

Baca juga: Lazada Gandeng Smoot Motor Untuk Pengiriman Paket Bebas Polusi

"Driver Grab bis amencari Swap Poin terdekat, tanpa perlu khawatir kehabisan baterai, menghemat biaya transportasi sehari-hari," ujar Irwan Tjahaja, Senin (21/03/2022).

Sementara Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PLN menambahkan, kolaborasi ini diharapkan dapat mengakselerasi penggunaan kendaraan bermotor listrik sehingga dapat memperkuat ketahanan energi nasional.