4 Poin Mudah Merawat Wiper Mobil

4 Poin Mudah Merawat Wiper Mobil Merawat wiper agar kaca lebih awet (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Komponen wiper sangat penting saat musim hujan maupun jika terdapat kotoran di kaca, sebab menjadi tumpuan utama untuk menjaga visibilitas pengemudi dengan membersihkan kaca depan mobil saat berkendara. Jangan sampai fungsi wiper tak maksimal.

Baca Juga: Wiper Ala JDM: Tampil Gaul dan Cegah Kaca Baret

Ibaratnya, sedia payung sebelum hujan. Karena hujan sering turun mendadak dan kotoran bisa terkena di manapun dan kapanpun. Sehingga komponen mobil seperti wiper harus bisa dimaksimalkan dengan baik.

Yuk, perhatikan tips mudah dari David Lesmana, pemilik Dunia Usaha Motor, BSD, Tangerang Selatan berikut ini untuk merawat wiper mobil :

Pertama

Cek terlebih dahulu kondisi karet wiper mobil. Apabila ditemukan retakan atau karet yang sudah lapuk, sebaiknya langsung ganti pada bagian karet wiper mobil tersebut.

Kedua

“Saat membersihkan wiper mobil, jangan mengelap pada pinggiran karet karena di situ terdapat bagian komponen lapisan kimia yang akan menjaga elastisitasnya,” kata David.

Jadi, menurutnya jika dilap maka cairan itu akan hilang. Kemudian saat membersihkan sebaiknya untuk memasang stand agar karet tidak menempel pada kaca mobil.

Ketiga

Untuk membersihkan karet wiper mobil sobat Kabaroto bisa menggunakan cairan khusus pembersih wiper yang tersedia di toko aksesori mobil. Setelah membelinya bisa dituangkan cairan wiper tersebut bersama dengan air ke dalam sebuah wadah. Lalu gunakanlah untuk membersihkan wiper mobil tersebut.

Keempat

Periksa secara berkala pada bagian poros wiper. Sobat Kabaroto bisa semprotkan cairan khusus atau WD cleaner untuk menjaga agar wiper tetap berkerja dengan lancar.

So, mudah bukan caranya? Jangan malas untuk membersihkannya ya, kalau sobat tidak mau ketika hujan mulai turun pandangan jadi terganggu karena wiper tidak bekerja dengan maksimal.