Wiper Ala JDM: Tampil Gaul dan Cegah Kaca Baret

Kipli
Kipli 03 Mar 2018 - 12:35
Wiper Ala JDM: Tampil Gaul dan Cegah Kaca Baret
wiper jdm gaul dan cegah baret

KabarOto.com - Memasuki musim hujan seperti sekarang, fungsi wiper jadi prioritas untuk membantu visibilitas pengendara mobil. Yang perlu diperhatikan juga, wiper seringkali menjadi sarang debu dan pasir yang mengendap di bagian karet. Hasilnya ketika wiper beroperasi, pasir pun ikut terbawa oleh sapuan wiper sehingga kaca menjadi baret.

Tapi komunitas Brio Project Indonesia (BPI) punya solusi dengan memposisikan wiper belakang tegak vertikal saat posisi diam. “Selain stylish, wiper belakang yang kita oprek juga fungsional karena enggak jadi sarang pasir yang bikin kaca baret,” urai Arief Ramadhany, salah satu anggota BPI.

Penasaran? Yuk ikuti langkah-langkahnya.



1: Siapkan obeng kembang dan kunci pas 10 mm untuk membuka 5 buah baut dan 2 buah mur pada motor wiper bagian belakang. Posisi motor wiper ada di atas pengait kunci bagasi, yang ditutup oleh material plastik berwarna hitam.



2: Buka baut pertama pada tutup plastik berwarna hitam tersebut dan lepas tutupnya, maka akan terlihat motor wiper yang ditutup pelat besi.



3: Pada pelat besi, terdapat 4 buah baut yang dapat dibuka kembali dengan obeng kembang, serta 2 buah mur yang dapat dibuka dengan kunci pas 10 mm.



4: Setelah pelat dapat dibuka, akan terlihat 2 buah gear pinion yang berfungsi untuk mengoperasikan wiper secara mekanis. “Cuma perlu digeser saja pakai tangan kosong searah jarum jam, sampai wiper di posisi yang kita inginkan. Sebaiknya lurus tegak secara vertikal menunjuk arah jam 12, agar debu dan pasir tidak bersarang di wiper,” papar pria yang mengaku lajang ini.


5: Jangan lupa untuk menutup kembali pelat dan plastik penutup motor wiper menggunakan langkah sebelumnya. Selain debu dan pasir jadi ogah nempel di wiper, tampilan belakang mobil pun jadi beda dari yang lain, keren kan! Oh iya, metode yang sama juga bisa diaplikasikan ke mobil apapun selama punya motor wiper serupa.

Editor : rio