POPULAR STORIES

42 Unit Bus Ini Tempuh Jarak 1 Juta Kilometer Tanpa Overhaul

42 Unit Bus Ini Tempuh Jarak 1 Juta Kilometer Tanpa Overhaul PO Bus Sinar Jaya menggunakan Hino RN 285 (Foto Flickr)

KabarOto.com - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memberikan apresiasi kepada Perusahaan Otobus (PO) Kramat Djati, PO Sinar Jaya dan PO Harapan Jaya. Apresiasi diberikan atas capaian pada total 42 unit dari ketiga PO tersebut yang menggunakan Hino Bus RN 285 dan berhasil mencapai jarak tempuh 1 juta kilometer tanpa overhaul. Ketiganya merupakan perusahaan otobus yang banyak menggunakan bus Hino sebagai armadanya.

Bus Hino RN285 yang berhasil mencapai 1 juta kilometer merupakan bus dengan mesin common rail yang melayani rute – rute penumpang di jalur Transjawa dari Jakarta menuju kota – kota di Jawa Tengah, Jawa Timur bahkan sampai ke Bali. Tidak hanya di Jawa, bus Hino juga banyak digunakan sebagai angkutan antarkota di Sumatera dan kota - kota lainnya.

Baca Juga: 37 Tahun Di Indonesia, Hino Sudah Produksi 500.000 Unit Bus Dan Truk

Bus Hino RN285 yang berhasil mencapai 1 juta kilometer tanpa overhaul

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI mengatakan, tanpa adanya overhaul ini, membuat para pengusaha menjadi lebih hemat, dan menguntungkan secara bisnis. "Karena operasional kendaraan menjadi lebih maksimal. Tanpa overhaul, armada bis tidak harus masuk ke bengkel dalam waktu lama, sekitar 5 – 7 hari. Sehingga bus bisa terus cari duit,” di ajang GIICOMVEC 2020.

Dia menambahkan, dari sisi biaya, overhaul juga butuh dana yang besar. Karena sekali mesin overhaul biaya yang dikeluarkan kisaran 70 juta rupiah. Inilah nilai keuntungan yang ditawarkan, armada bisnis terus berjalan dan terhindar dari cost maintenance yang tinggi. Sehingga profit dapat diraih dengan maksimal.

Hino berikan penghargaan pada konsumen

Di tempat yang sama, Irwan Supriyono, Senior Executive Officer After Sales HMSI mengungkapkan, bus Hino RN 285 menggunakan mesin common rail yang mencapai jarak tempuh 1 juta kilometer tanpa overhaul adalah hal mudah.

Baca Juga: Permudah Operasional Kendaraan, Hino Luncurkan Sistem Hino Connect

Itu menurutnya, didukung dengan perawatan kendaraan secara rutin dan penggunaan suku cadangnya terus dijaga, terutama menggunakan parts asli Hino. "Dengan begitu, kualitas mesin tidak diragukan lagi, usia pakai dan jarak tempuh tersebut mudah dicapai, dan bisnis berjalan dengan lancar," terangnya.