5.518 SPBU Pertamina Seluruh Indonesia Sudah Terdigitalisasi

5.518 SPBU Pertamina Seluruh Indonesia Sudah Terdigitalisasi SPBU Pertamina

KabarOto.com - PT Pertamina (Persero) resmi menerapkan digitalisasi di 5.518 SPBU seluruh Indonesia. Digitalisasi ini untuk memonitor seluruh transaksi dan stok level secara real time. Digitalisasi SPBU ini adalah komitmen Pertamina untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, agar lebih aman dan nyaman.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif saat peresmian secara digital, Selasa (29/12) mengapresiasi kinerja Pertamina yang berhasil menuntaskan program transformasi digital SPBU. Program ini menurut dia, salah satu jawaban dan jaminan untuk pelayanan Pertamina yang lebih baik lagi.

Baca Juga: SPBU Digital, Pertamina Pantau Langsung Stok BBM Saat Liburan

"Perkembangan digital harus diimplementasikan, salah satunya dengan melakukan digitalisasi, agar penyaluran BBM lebih efektif dan menjamin subsidi agar tepat sasaran,” terangnya.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, digitalisasi juga memperkuat Pertamina dalam menjalankan penugasan Pemerintah mendistribusikan BBM ke seluruh pelosok negeri.

"Digitalisasi ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjamin pasokan energi akan lebih ditingkatkan lagi," papar Nicke. Nicke menambahkan, kualitas data dan informasi di era digital adalah the new oil, sumber daya yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan, termasuk Pertamina.

Baca Juga: Lewat Satgas Nataru, Pertamina Pastikan Stok BBM Saat Libur Nataru Aman

Menurutnya, digital transformation SPBU memberikan beberapa keunggulan, untuk memastikan kualitas data dan informasi yang mendukung keandalan suplai sekaligus peningkatan layanan bagi masyarakat.