POPULAR STORIES

5 Mobil CBU Paling Laku Di Indonesia Selama 2019

5 Mobil CBU Paling Laku di Indonesia Selama 2019

KabarOto.com – Penjualan mobil di Indonesia bisa dibilang sedang ramai peminat, para pabrikan mobil juga berlomba-lomba menghadirkan line up terbaiknya demi memenuhi kebutuhan pasar dari seluruh segmen.

Pihak Gaikindo telah merilis data penjualan mobil di Indonesia, beberapa waktu lalu KabarOto pun membuat tulisan tentang mobil penumpang paling laris, nah Gaikindo merupakan asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia.

Namun apa kalian tahu kalau pabrikan mobil atau mobil yang kalian punya itu tidak selalu diproduksi di Indonesia?

Ada 2 jenis produksi mobil yakni CKD (Completely Knock Down) dirakit dalam negeri di pabrik Indonesia, dan CBU (Completely Built Up) dirakit di luar negeri, lalu diimport untuk dijual secara utuh.

Nah penasaran mobil CBU apa paling laku di Indonesia?

Inilah 5 mobil CBU paling laku di Indonesia selama 2019 menurut data Gaikindo.

1. Toyota Hilux (Thailand)

Pertama ada dari Toyota, sepertinya line up dari Toyota memang selalu mendominasi pasar Indonesia yah sob. Mobil jenis double cabin ini menyumbang angka 8,369 unit sepanjang 2019, tidak sebanyak penjualan namun cukup menempatkannya pada posisi pertama.

Baca Juga : Ini 5 Merek Mobil Penumpang Paling Laris Tahun 2019

Dibekali mesin diesel 2GD-FTV, VNTurbo Intercooler, 4 silinder in line, 16-valve, DOHC dengan kapasitas 2.393 cc. Memiliki tenaga maksimum sebesar 149 dk dengan torsi puncak 343 Nm. Selain itu, mesin ini menawarkan konsumsi bahan bakar yang bisa dibilang irit di kelasnya.

2. Mitsubishi Triton (Thailand)

Berikutnya datang dari Mitsubishi, masih dengan double cabin andalannya yakni Triton. New Triton menawarkan desain lebih agresif dan modern, serta bahasa desain Dynamic Shield membuatnya tampil semakin gagah. Berhasil menyumbang sebanyak 8,251 unit.

Triton menggunakan mesin diesel 4N15 dilengkapi turbocharger canggih yang mampu menyesuaikan tekanan secara otomatis. Sementara tenaga maksimalnya terdongkrak sebesar 178,5 dk dengan torsi maksimum 430 Nm.

3. Mitsubishi Pajero Sport (Thailand)

Ketiga masih dari Mitsubishi namun posisi ini ditempati oleh Pajero Sport, sebenarnya mobil ini sempat diproduksi secara CKD di pabrik Mitsubihi. Namun karena alasan produksi Xpander sedang maksimal dilakukan demi memenuhi kebutuhan dalam negeri dan export, maka Pajero didatangkan secara CBU dari Thailand sementara waktu. Dan selama 2019 Pajero turut terjual sebanyak 7,156 unit.

Baca Juga : Cutting Sticker Bisa Awet 6 Tahun, Ini Caranya!

Impor Pajero ini sebenarnya mulai dilakukan pada Juni 2019, dan hanya varian tertentu seperti Exceed dan Dakar 4x2 selain warna hitam dan putih. Serta jumlah tersebut merupakan angka unit yang datang dari pelabuhan.

4. Suzuki Baleno (India)

Selanjutnya ada hatchback yang baru-baru ini mengalami facelift dari Suzuki. Apalagi kalau bukan Baleno Hatchback, ternyata mobil ini diproduksi di India langsung loh sob, dari data Gaikindo tercatat sekitar 5,216 unit.

Menyematkan mesin K14B, DOHC, VVT, MPI. Baleno dibanderol Rp 221.000.000 untuk varian M/T dan A/T Rp 233.500.000. Tidak ada perbedaan dari keduanya, selain pada penggunaan transmisi manual lima percepatan dan transmisi otomatis empat percepatan.

5. Suzuki Ignis (India)

Sementara mobil paling bontot dari seluruh line up yakni Suzuki Ignis, ternyata juga termasuk jajaran mobil CBU loh, tepatnya buatan India. Tercatat sekitar 5,138 unit Ignis telah tersebar dibseluruh Indonesia.

Mobil berbody kompak ini berbekal mesin K12M berkapasitas 1.2 liter, yang pastinya irit bahan bakar. Lalu Ignis ditawarkan dengan 2 pilihan tramisi yakni 5 percepatan manual dan AGS. Soal harganya sendiri cukup terjangkau yakni Rp 166 juta hingga Rp 195 juta sob!