5 Point Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Aktivitas Offroad

 5 Point yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Aktivitas Offroad Chevrolet Colorado (GM)

KabarOto.com - Offroad menjadi salah satu aktivitas menarik bagi sebagian orang, untuk menyalurkan adrenalin sekaligus menjajal kendaraan mereka. Menyusuri medan-medan menantang seperti jalanan berbatu, berpasir, berlumpur hingga lintasan yang terjal pun seringkali justru menjadi sebuah kepuasan tersendiri.

"Berkendara offroad merupakan sebuah hobi yang telah saya geluti selama beberapa tahun terakhir ini. Tak hanya sebagai medium untuk menantang kendaraan saya melintasi jalur-jalur sulit, tetapi juga untuk manyalurkan adrenalin saya serta kegemaran saya di bidang fotografi,” ujar Dandi Birdy, anggota komunitas Chevrolet Indonesia.

Baca Juga: Persiapan Luncurkan Model Baru, Chevrolet Akan Lelang Corvette Generasi Ke-7 Terakhir Untuk Amal

Sebagai pecinta offroad, Dandi kerap menggeber pikap double cabin Chevrolet Colorado miliknya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata melalui jalur-jalur yang menantang, seperti di wilayah Bromo, Pantai Sewarna di Banten, hingga Lampung, Bali, dan Lombok.

Offroad bahkan telah menjadi aktivitas keluarga

Dalam pengalamannya berkegiatan offroad berbagai medan, Dandi yang juga memiliki akun YouTube 'Nubie Offroader' itu, menyarankan untuk menyiapkan beberapa hal penting yang wajib dan harus diperhatikan demi faktor keselamatan sekaligus menikmati petualangan. Berikut tipsnya:

1. Tentukan dan Pahami Jenis Medan Offroad yang Dituju

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh offroader. Salah satunya dengan memahami terlebih dahulu jenis atau medan offroad yang akan ditempuh. Kegiatan offroad sendiri dapat terbagi menjadi beberapa jenis pilihan, seperti fun offroad, extreme offroad, speed offroad, adventure offroad dan touring offroad. Hal ini penting untuk dipahami agar seseorang bisa memilih kegiatan offroad sesuai dengan kemampuan dan jenis kendaraan yang dibutuhkan.

2. Kuasai Teknik Berkendara Offroad

Ada beberapa teknik yang perlu diketahui, seperti menggunakan kecepatan yang rendah saat menghadapi medan tanjakan atau turunan. Semakin pelan Anda mengemudi, akan semakin mudah.

Kemudian, tetap rileks dan jangan panik, tarik nafas dalam-dalam dan pikirkan trik untuk lolos dari rintangan. Sebagai contoh, saat Anda menyeberangi sebuah lintasan air seperti sungai, sangat penting mengecek kedalaman air dan mengamati seberapa deras aliran air tersebut sebelum Anda menyeberanginya.

Disarankan untuk melihat kondisi medan tanpa kendaraan terlebih dahulu untuk mengetahui kedalaman serta menemukan rintangan yang mungkin dihadapi.

Keamanan merupakan faktor utama

3. Aspek Keamanan merupakan kunci nomor satu

Selain memahami teknik berkendara offroad yang benar, hal yang harus diutamakan adalah aspek keamanan (safety). Hal ini tidak boleh dianggap remeh karena aktivitas offroad juga memiliki risiko yang terkait dengan keselamatan.

Berbagai fitur untuk menjaga keselamatan saat berkendara, juga diperlukan dalam membantu pengemudi. Sebut saja Hill Launch Assist (HLA) yang membantu menahan kendaraan Anda saat berhenti di tanjakan, dan Hill Descent Control (HDC) yang membantu mengontrol kecepatan pada saat jalanan menurun.

Lalu ada Electronic Stability Control (ESC), yang mengaktifkan tekanan rem saat ban menahan kekuatan mesin dan mencegah kendaraan kehilangan kontrol ketika tergelincir, serta Traction Control (TC) untuk menjaga kestabilan serta kembali mengendalikan kendaraan secara cepat, saat traksi hilang karena kondisi jalanan.

4. Sediakan Bahan Bakar Cadangan

Persiapan bahan bakar cadangan juga menjadi hal yang penting, sebelum melakukan petualangan menantang menelusuri alam bebas menggunakan mobil offroad. Pada umumnya, di jalur yang bakal dilalui biasanya akan sulit menemukan penjual bahan bakar.

Baca Juga: Ini Alasan Rifat Sungkar Masih Belum Pakai New Triton Di Balap Speed Offroad

5. Mulai dengan Komunitas-Komunitas Offroad

Apabila Anda belum memiliki pengalaman dan baru pertama kali mencoba, sangat disarankan untuk bergabung dengan klub offroad atau menumpang kendaraan offroader lain yang sudah berpengalaman. Jangan langsung melakukan kegiatan offroad sendiri, karena akan sangat berbahaya.

Standar safety untuk offroad yang berlaku umum adalah minimal berdua atau akan lebih baik lagi jika bertiga. Bergabung dengan klub akan menjadi pilihan terbaik karena bisa menambah ilmu sekaligus berbagi pengalaman. Selain itu, jangan berperilaku arogan dan selalu menjaga kelestarian lingkungan.