POPULAR STORIES

Bagian Sepeda Motor Ini Harus Dicek Setelah Dipakai Mudik

Bagian Sepeda Motor Ini Harus Dicek Setelah Dipakai Mudik Kipli/ YIMM

KabarOto.com - Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi mudik Lebaran 2023. Setelah selesai digunakan dalam perjalanan panjang, jangan lupa untuk melakukan perawatan motor.

Aktivitas perjalanan jauh sangat berpengaruh terhadap beberapa komponen motor, sebab sudah menembuh ratusan bahkan ribuan kilometer selama perjalanan mudik.

Pengecekan sepeda motor sangat penting, berikut tips-tips pengecekan setelah perjalanan mudik dari Yamaha DDS 3.

1. Mencuci sepeda motor

Setelah menempuh jarak yang jauh, tidak dipungkiri kotoran dan debu banyak yang menempel. Demi menghindari kerak, korosi dan sebelum pengecekan poin lain, cuci motor adalah langkah awal. Gunakan spons/busa yang lembut saat mencuci motor, agar body terhindar dari baret-baret.

2. Ganti oli

Disarankan melakukan penggantian oli untuk tetap menjaga performa kendaraan tetap prima. Selain oli mesin, yang perlu dicek juga adalah oli gear, terutama pada kendaraan matik.

Baca Juga: Cara Hankook Tire Rayakan Lebaran Idul Fitri 2023 Dengan Masyarakat Sekitar Pabrik Cikarang

3. Pengecekan filter udara

Dalam melakukan perjalanan jauh pastinya banyak kotoran dan debu yang menempel pada sepeda motor, termasuk filter udara.

Kondisi filter udara yang kotor akan menghambat lajunya udara yang masuk ke ruang bakar, dan menyebabkan motor akan jadi boros bahan bakar. Cek filter udara, bersihkan atau ganti dengan sparepart yang baru.

Baca Juga: Motor Baru Lebaran Idul Fitri 2023, Simak Daftar Promo Daya Adicipta Motora Ini

4. Pengecekan busi

Lakukan pengecekan busi setiap 3 ribu km dan ganti setiap 9 ribu km, pastikan ganti dengan sparapert yang orisinal.

5. Cek rem

Sebagai pengendali kecepatan di sepeda motor, maka rem memiliki peran yang sangat penting. Lakukan pengecekan dan ganti jika kondisi spare part pada rem sudah melewati batas usia pakai.