POPULAR STORIES

7.000 Kendaraan Pemudik Lewati Jalan Tol, Contra Flow Bakal Dibuka 3 Jalur

7.000 Kendaraan Pemudik Lewati Jalan Tol, Contra Flow Bakal Dibuka 3 Jalur Ilustrasi (NTMC Polri)

KabarOto.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan strategi contra flow untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas di jalan tol serta mencegah kemacetan saat puncak arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1444 H.

Bahkan, Korlantas menggandeng PT Jasa Marga (Persero) untuk menyiapkan alat pengukur di setiap pintu tol. Nantinya, alat pengukur itu membantu petugas di lapangan untuk menerapkan strategi pengaturan lalu lintas di jalan lintas utara, lintas tengah, dan lintas selatan; sehingga penumpukan akan terukur mulai dari gerbang tol.

Baca juga : Persiapan Mudik Lebaran 2023, Berikut Daftar Tarif Tol Trans Sumatera

Apabila visualisasi atau jumlah kendaraan di jalan tol melewati 5.500 kendaraan, maka akan diterapkan arus berlawanan atau contra flow satu jalur.

"Kemudian, kalau sudah melewati 6.000 kendaraan akan di-contraflow dua jalur, kalau sudah 7.000 ke atas maka akan contra flow untuk tiga jalur," ujar Kadivhumas Polri, Irjen Sandi Nugroho.

Ilustrasi (Jasa Marga)

Jika terus terjadi penumpukan kendaraan, maka petugas di lapangan sudah siap melakukan rekayasa lalu lintas lainnya.

Sandi menekankan pengaturan lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan tidak hanya dilakukan di jalan tol, tetapi juga diikuti dengan pengaturan di jalan arteri lainnya.

Baca Juga : Beroperasi Penuh Mulai Hari Ini, Berikut Tarif Lengkap Tol Becakayu

"Karena begitu pula jalan antrean macet juga ketemunya seperti (insiden) Brexit (Brebes Exit) yang lalu. Ini kami antisipasi tidak terulang," jelas dia.