7 Pabrikan Sepakat Tidak Jual Truk Bermesin Diesel Mulai Tahun 2040

7 Pabrikan Sepakat Tidak Jual Truk Bermesin Diesel Mulai Tahun 2040

KabarOto.com - Setelah diluncurkan pada 1924, truk bermesin diesel banyak mengalami perubahan hingga menguasai segmen komersial hingga saat ini. Namun, keberadaan truk bermesin diesel tidak akan bertahan lama, khususnya di kawasan Eropa Barat.

Melansir Asosiasi Pabrikan Otomotif Eropa (ACEA) menginformasikan bahwa tujuh pabrikan semi-truk besar yang terdiri atas MAN, DAF, Iveco, SAAB-Scania, Daimler AG, Ford dan Volvo telah sepakat untuk mengakhiri penjualan truk bermesin diesel pada 2040.

Baca Juga : Truk Hidrogen Toyota Siap Masuk Jalur Produksi

Henrik Henriksson, Ketua Dewan ACEA dan Kepala Honorer dari SAAB Scania mengatakan, “Jika angkutan jalan ingin terus beroperasi melayani masyarakat, kita perlu menghindari penggunaan bahan bakar fosil secepat mungkin.”

Rencananya, truk akan punya pilihan sumber tenaga, yaitu full elektrik dan fuel cell. Dari keputusan yang sudah di ambil, pembangunan infrastruktur pendukung harus cepat dilaksanakan.

Baca Juga : Jalin Kerjasama, Hyundai Pasok Ribuan Truk Hidrogen Ke Tiongkok

Selain segmen truk, beberapa Negara di Eropa telah memutuskan untuk tidak lagi menjual kendaraan bermesin diesel pada 2030.