POPULAR STORIES

Truk Hidrogen Toyota Siap Masuk Jalur Produksi

Truk Hidrogen Toyota Siap Masuk Jalur Produksi

KabarOto.com - Sebagai masa depan transportasi alat berat, Toyota sudah memastikan bahwa siap hadirkan Truk besar tanpa emisi gas buang. Diyakini truk tersebut menggunakan teknologi elektrifikasi berbahan bakar hidrogen.

Yup, truk besar ini menggunakan teknologi dikenal sistem fuel cell, ternyata juga dipakai oleh Toyota Mirai yang mulai dijual Desember ini. Merupakan hasil tim Toyota Motor North America Research and Development.

Baca juga: Ini Profil dan Spesifikasi Motor Listrik United T1800

Sedianya siap masuk jalur produksi, namun terlebih dahulu akan melakukan pengetesan aktivitas di dermaga Los Angels dan Long Beach. Hal ini dilakukan untuk memastikan performa, efisiensi dan kemampuan berkendara.

Truk besar Toyota ini menggunakan basis dari sasis Kenworth T680. Sebanyak enam tangki hidrogen ditempatkan sangat rapi di belakang ruang kabin, sama seperti purwa rupa yang sempat dipamerkan. Namun untuk baterai, gunakan lithium-ion.

Energi dari baterai akan menggerakkan motor listrik. Generasi kedua fuel cell yang dipakai kali ini akan suguhkan daya jelajah 480 km untuk sekali pengisian, meski harus membopong bobot total hingga 36 ton.



Keunggulan dari truk listrik berbahan bakar hidrogen ini adalah menjamin lebih mantap dikendarai, operasional lebih senyap dan emisi yang tak membahayakan lingkungan.

Baca juga: Uji Tabrak New Land Rover Defender 110 Raih Lima Bintang Euro NCAP

"Ini merupakan langkah penting sebagai transisi bebas emisi gas buang untuk kendaraan truk berat,"ujar Andrew Lund, chief engineer, Toyota Motor North America Research and Development.

Dirinya menegaskan bahwa truk purwarupa pertama menunjukkan bahwa sumber tenaga listrik hidrogen sangat kuat mengangkut bobot lebih berat.

Berita Terkait

Berita Terkait