POPULAR STORIES

7 Tips Simpel Cek Motor Sambil Ngabuburit

7 Tips Simpel Cek Motor Sambil Ngabuburit

KabarOto.com - Tak hanya menjalani ibadah puasa, aktivitas lainnya tentunya tetap harus dijalankan di bulan Ramadan. Bagi pengguna sepeda motor, memperhatikan kondisi kendaraan yang digunakan dapat menjadi cara untuk memanfaatkan waktu menunggu buka puasa.

"Ini penting dilakukan agar tidak ada problem yang terlewatkan, kami memberikan beberapa panduan yang dapat dilakukan oleh konsumen sendiri sehingga motor terawat dengan baik,” papar M.Abidin selaku GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Baca juga: Peringati Hari Kartini, MMKSI Bagi Tips Merawat Mobil Yang Mudah Untuk Wanita

Berikut panduan pengecekan yang dapat dilakukan oleh Sobat KabarOto:

1. Bahan Bakar

Cek indikator spidometer bahan bakar, jika motor jarang digunakan baiknya tangki bahan bakar kondisi full tank untuk menghindari terjadi penguapan. Cek pula apakah kebocoran dari bahan bakar, misalnya dengan bau bahan bakar di sekitar motor.

2. Oli Mesin

Gunakan stik oli mesin, untuk mengecek apakah level oli mesin masih di dalam batas normal dan cek juga apakah ada kebocoran oli di sekitar motor.

3. Rem

Cek sistem pengereman dengan menekan tuas rem, apakah berfungsi dengan normal dan pastikan lampu rem belakang menyala. Perhatikan juga level minyak rem melalui celah intip reservoir / tempat penampung minyak rem, pastikan berada dalam batas normal.

4. Throttle (gas)

Pastikan dengan memutar throttle dengan lembut dan tidak ada kesan terhambat atau nyangkut, hal ini bisa membahayakan saat berkendara.

5. Ban

Pastikan alur masih dalam batas normal dengan melihat tanda keausan dari ban dan juga fisiknya. Ban dengan keausan yang sudah lewat batas akan membahayakan saat berkendara, karena daya traksi ban berkurang.

Baca juga: Mika Lampu Berembun Dan Masuk Air, Ini Tips Reparasinya

6. Indikator dan Lampu

Pastikan semua signal indikator dan lampu menyala, seperti lampu depan, lampu belakang, lampu sein dan klakson berfungsi dengan baik.

7. Bersihkan motor

Rutin membersihkan motor dari debu dan kotoran lainnya.