9 Tahapan Agar Mandalika Jadi Sirkuit Internasional

9 Tahapan agar Mandalika Jadi Sirkuit Internasional Mandalika Sirkuit Internasional (Penulis: BagusWS/KC)

KabarOto.com - Indonesia digadang-gadang akan memiliki sirkuit internasional, tentunya untuk dijadikan salah satu sirkuit penyelenggara musim MotoGP 2021.

Ternyata, sirkuit Mandalika, Lombok ini memiliki 9 tahapan dalam pembangunannya menuju kriteria yang sudah ditetapkan oleh FIM (Federation Internationale de Motocyclisme).

Hal tersebut berguna untuk membuat sirkuit Mandalika sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan dan juga untuk berbagai macam aspek.

Mandalika Sirkuit Internasional

Pertama, pengerjaan bagian trek utama (main track), di mana lintasan sepanjang 4,31 km digali dengan tingkat kedalaman 1 meter untuk pondasinya. Kedua, pembuatan service road di kanan dan kiri trek.

Lalu yang ketiga, yaitu lapis pondasi agregat atau batu pecah. Selanjutnya tahap empat, salah satu hal yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan saat pembuatan sirkuit Mandalika, yaitu drainase. Drainase tersebut akan berada di sisi kanan dan kiri trek, dan menyesuaikan dengan kemiringan trek Mandalika tersebut.

Kelima adalah masalah pengaspalan trek di sirkuit Mandalika ini. Kegiatan pengaspalan rencananya akan dilaksanakan dengan 3 lapis pengerasan aspal. Tiga lapis pengerasan aspal tersebut adalah lapis asphalt concrete-base, lapis asphalt concrete-binder course, dan lapis asphalt concrete-wearing course.

Lanjut menuju tahap yang keenam, pembuatan aspal berm atau verge pada sisi kanan dan kiri trek. Hal ini berfungsi sebagai bahu jalan dan juga sebagai tanda visual bagi para pembalap terhadap batas luar dan dalam dari tikungan (sebelum run-off).

Sirkuit Mandalika

Ketujuh adalah proses pengerjaan detail service road, yang menjadi lanjutan dari proses tahapan kedua. Lalu yang kedelapan, pengerjaan area run off yang terdiri atas tiga jenis permukaan, yang pertama adalah aspal, lalu ada gravel bed, dan yang terakhir ada rumput.

Proses pembangunan yang kesembilan atau yang terakhir adalah terowongan. Tujuan dibuatnya terowongan ini adalah sebagai akses masuk menuju tengah sirkuit.

Semoga Indonesia bisa menyelesaikan kesembilan proses tersebut, tentunya agar 2021 nanti pecinta MotoGP di Indonesia bisa menyaksikan secara langsung gelaran balap MotoGP secara langsung di sirkuit Mandalika, Lombok.