AC Sanctuary Restorasi Suzuki Katana Menjadi Retro Racer

AC Sanctuary Restorasi Suzuki Katana Menjadi Retro Racer Sumber Foto : AC Sanctuary

KabarOto.com – Rumah modifikasi asal Jepang, AC Sanctuary baru-baru ini melakukan restorasi Suzuki GSX S1000 Katana lawas menjadi Retro Racer.

Sedikit sejarah, motor ikonik ini pertama kali hadir pada tahun 1981 dan sempat berhenti produksi pada 2006. Tetapi, pada 2019 pabrikan berlogo S itu kembali memperkenalkan Katana yang tampil lebih modern dengan teknologi kekinian, namun masih mempertahankan desain khasnya.

Baca juga: Tidak Banyak Tahu, Motor Lamborghini Design 90

Salah satu pemilik Suzuki Katana mempercayai AC Sanctuary untuk merestorasi sekaligus merubahnya menjadi Retro Racer. Secara tampilan, tim AC membuat bodi baru dengan cat hybrid dan lapisan karbon yang diberi nama RCM-500.

Untuk memperbarui Katana ke standar modern, pihak modifikasi memperkuat area sasis agar lebih rigid. Kemudian, pada bagian kaki-kaki kini suspensi depan mengandalkan Ohlins dengan travel sedikit lebih panjang.

Sementara, suspensi belakang dipasang ke poros swingarm yang direvisi untuk mengincar kelincahan. Tidak hanya itu, kini peleknya menggunkan OZ Racing Gass RS-A 17 inci. Pelek ini disandingkan dengan cakram Sunstar berkaliper Brembo GP4RX untuk depan dengan master rem Brembo RCS.

Baca juga: Helm Arai RX-7X Edisi Suzuki Anniversary, Sangat Terbatas

Pada bagian performa, tentu sang pemilik ingin meningkatkan tenaganya. Oleh karena itu, pihak AC memberikan revisi pada mesin, karburator baru, dan sistem pembuangan titanium.

Sayayngnya, AC Sanctuary tidak menyinggung soal kenaikan tenaganya, sebagai gambaran mesin empat silinder berkapasitas 1.074 cc ini mampu menghasilkan tenaga hingga 111 dk di 9.500 rpm dengan torsi 97.1 Nm di 6.500 rpm. Tenaga tersebut disambung ke transmisi manual 5 percepatan.