Ada Tes Antigen Di Tol Untuk Pemudik Yang Balik Ke Jakarta

Ada Tes Antigen di Tol untuk Pemudik yang Balik ke Jakarta Penyekatan di jalan tol (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Mengantisipasi arus balik dari berbagai daerah di Pulau Jawa menuju Jakarta, Jasa Marga dan Kepolisian Republik Indonesia siap mengendalikan transportasi di jalan tol yang diprediksi padat.

Di KM 47B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta petugas Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen perjalanan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Jasa Marga selaku operator jalan tol menyatakan siap untuk membantu Kepolisian.

Baca Juga: Korlantas Polri Sudah Putar Balik 104 Ribu Kendaraan Yang Nekat Mudik

Hal itu dikatakan, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru. Saat ini untuk titik penyekatan di KM 31A dan KM 46+500A Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sudah dihentikan. Mulai Sabtu, (15/05) titik penyekatan fokus untuk kendaraan yang kembali ke arah Jabotabek.

Ptugas memeriksa mobil pemudik (Foto: Istimewa)



Sementara itu, untuk menekan penyebaran Covid-19, operator tol bersama Satgas Covid-19 daerah juga mendukung pelaksanaan pemeriksaan antigen acak di sejumlah lokasi di jalan tol. Proses pemeriksaan dilakukan secara acak dengan metode tes cepat Antigen untuk kendaraan dengan plat nomor di luar wilayah aglomerasi.

Jasa Marga menyediakan lokasi dan kelengkapan posko serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk pengaturan lalu lintas. Sementara itu untuk peralatan tes, petugas medis hingga ambulance disediakan oleh Satgas Covid-19 Daerah atau dinas kesehatan setempat.

Jika ada warga yang positif, akan diamankan oleh satgas Covid-19 Daerah dengan ambulance ke rumah sakit rujukan sesuai standar operasional prosedur Satgas Covid-19 Daerah.

Baca Juga: Pelarangan Mudik Pengaruhi Penjualan Mobil Bekas?

Lokasi tes cepat Antigen di Jalan di antaranya KM 47B Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 38B Jalan Tol Jagorawi, Rest Area KM 149B dan Km 125B Jalan Tol Padaleunyi, Rest Area KM 97B dan KM 72B Jalan Tol Cipularang, Gerbang Tol (GT) Kalikangkung dan Rest Area KM 360B Jalan Tol Batang-Semarang, serta GT Ngawi dan Rest Area KM 519B Jalan Tol Solo-Ngawi.