POPULAR STORIES

Ada Uji Emisi Akbar Gratis Minggu Depan, Siap Pecahkan Rekor Muri

Ada Uji Emisi Akbar Gratis Minggu Depan, Siap Pecahkan Rekor Muri Pemprov DKI akan menggelar uji emisi gratis Juni mendatang (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Merayakan HUT Jakarta ke 496 dan Hari Lingkungan Hidup, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap menggelar Uji Emisi Akbar (UEA) 2023 secara gratis di Parkir Utara Taman Margasatwa Ragunan dan beberapa wilayah daerah penyangga Ibukota, Senin 5 Juni 2023 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengataka, UEA 2023 akan menjadi titik awal penerapan 3 kebijakan penting dalam memastikan seluruh kendaraan bermotor di Jakarta memenuhi ambang batas emisi gas buang yang dipersyaratkan sebagai upaya memperbaiki kualitas udara.

Baca Juga : Siap-siap, Kendaraan Belum Uji Emisi Bayar Pajaknya Akan Lebih Mahal

Asep menjelaskan, ketiga kebijakan yang dimaksud adalah sosialiasi penaatan hukum, disinsentif parkir, dan pengenaan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bagi kendaraan yang belum melakukan uji emisi.

“Kendaraan bermotor di Jakarta yang berusia di atas 3 tahun diwajibkan setiap tahun melakukan uji emisi,” tegas Asep.

Warga DKI Jakarta dan daerah penyangga Ibukota yang ingin mengikuti Uji Emisi Akbar 2023 secara gratis, dapat mendaftar melalui website resmi Uji Emisi Jakarta.

Selain di Taman Margasatwa Ragunan, UEA 2023 juga akan berlangsung di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tanggerang, Kota Tanggerang Selatan, Kabupaten Tanggerang, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Baca Juga : Hadirkan Udara Bersih Di Tangsel, MPMRent Gelar Uji Emisi Kendaraan Gratis

“UEA ini akan tercatat sebagai uji emisi terbanyak dalam rekor MURI,” pungkas Asep.

Siap dilakukan secara masif, uji emisi diharapkan mampu memberikan dampak dalam perbaikan kualitas udara di wilayah DKI Jakarta.

Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Vital Strategies sebagai lembaga pelaksana Bloomberg Philanthropies di Indonesia bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta, kepatuhan terhadap standar emisi terbukti secara ilmiah sebagai langkah paling efektif dalam mengurangi emisi dan memperbaiki kualitas udara secara menyeluruh.