Agar Terhindar Dari Kecelakaan, Perhatikan Ini Saat Kendarai Motor

Agar Terhindar dari Kecelakaan, Perhatikan Ini Saat Kendarai Motor

KabarOto.com - Tidak mudah mengendarai sepeda motor. Bukan soal memutar gas dan menarik tuas rem saja, banyak ten=knik yang harus dipahami dan dimengerti, agar terhindar dari kecelakaan.

Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, kesadaran berkendara harus diperhatikan, agar pengemudi aman dan nyaman, serta bisa meminimalisir potensi kecelakaan.

Baca juga: Kevin Sanjaya Berbagai Tips Kendarai Motor Roda Tiga

Jusri Pulubuhu menambahkan, beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pengemudi saat berkendara, di antaranya persiapan fisik dan mental. "Persiapan fisik dan mental sangat diperlukan bagi pengemudi yang hendak berkendara sepeda motor," terangnya.

Mengendarai motor harus menggunakan perlengkapan berkendara (Foto: Istimewa)

Jusri pun memberikan cara berkendara yang aman agar terhindar dari kecelakaan.

1. Siapkan Perlengkapan Berkendara
Sebelum memulai berkendara, harus memperhatikan perlengkapannya, seperti helm, kaca spion dan sarung tangan. Agar dipastikan kondisi sepeda motor telah siap untuk dikendarai.

2. Patuhi Rambu Lalu Lintas
Jangan melanggar rambu lalu lintas, walaupun sedang terburu-buru pergi ke tempat kerja atau lainnya. Selain itu, juga jangan melewati trotoar, karena akan membahayakan diri sendiri dan para pejalan kaki.

Baca Juga: Kendarai Motor Harus Menggunakan Sepatu, Ini Alasannya

3. Hindari Menggunakan Smartphone saat Berkendara
Kasus kecelakaan banyak terjadi karena pengemudi menggunakan smartphone saat berkendara. Pengemudi harus menahan untuk tidak membalas chat ataupun mengangkat telepon saat berada di jalan.

4. Jadwal Keberangkatan
Jadwal harus disiapkan sebelum berangkat aktivitas menggunakan sepeda motor. Selain itu juga harus memperhitungkan waktu tempuh sehingga tidak terburu-buru.

5. Lampu Sein
Lampu sein memiliki fungsi untuk memberi tanda berbelok, sesuaikan lampu sein dengan arah yang akan dibelokkan. Jangan sampai membuat bingung pengendara lain dengan kode lampu sein yang salah.