POPULAR STORIES

Agus Mulyana Punya Hobi Koleksi Vespa Klasik, Tengok Yuk!

Agus Mulyana Punya Hobi Koleksi Vespa Klasik, Tengok Yuk! Agus Mulyana Direksi Bank BJB.

KabarOto.com - Agus Mulyana punya karir cemerlang. Pria kelahiran Bandung tahun 1964 tersebut merupakan Direktur Kepatuhan Bank BJB yang sempat menjabat sebagai Plt Dirut Bank BJB di awal 2019 lalu.

Agus Mulyana dikenal sebagai direksi Bank BJB yang berjiwa muda dan dinamis. Bisa dilihat dari padanan sneaker dan blazer yang kerap digunakannya. Selera otomotifnya juga terbilang unik untuk pria seusianya, yaitu Vespa klasik.

Baca Juga: Menaklukkan Jalan Pegunungan Di Bogor Dengan Vespa

"Kalau soal Vespa, ada hal yang sebenarnya lebih dalam dari sekadar hobi," ungkap Agus Mulyana atau biasa disapa Amul. Di pelataran rumahnya, Amul memajang dua Vespa klasik tanpa modifikasi ekstrim, salah satunya adalah VBB berwarna abu keluaran tahun 1962.

Soal konsep modifikasi, Amul sengaja menjaga orisinalitas skuter buatan Italia tersebut. Tidak banyak perubahan terjadi, Amul hanya memperbaiki bagian-bagian yang rusak atau usang. “Saya menyukai bentuk aslinya maka tidak ada perubahan ekstrim. Tapi ternyata merawat keaslian lebih sulit dari mengubahnya,” ujar Amul.

Menunggangi Vespa VBB tahun 1962 kesayangannya.

Amul mengaku, kegemarannya akan Vespa, bukan hanya soal spesifikasi dan memori masa lalu, tapi juga karena solidaritas para pengendaranya di jalan. Bukan rahasia umum kalau solidaritas antara pecinta Vespa klasik memang sangat eklusif. Solidaritas serupa tidak dialami pengendara motor jenis lain.

“Vespa itu memperkuat tali silaturahmi. Banyak yang enggak kenal jadi kenal karena motor mogok di jalan. Ini sangat menyenangkan. Saling senyum, tegur, dan sapa sudah jadi kebiasaan para pengendara. Solidaritas sudah menjadi subkultur yang senantiasa dibanggakan," tuturnya.

Adapun Vespa VBB tahun 1962 sendiri merupakan salah satu model yang cukup populer. Bisa dilihat dari angka penjualannya yang mencapai 270 ribuan unit hingga dekade 1970. Popularitasnya hanya bisa dikalahkan oleh Vespa 150 Sprint.

Agus Mulyana riding bersama teman-teman komunitasnya.

Skuter yang pertama kali diproduksi pada 1960 ini merupakan evolusi dari generasi sebelumnya, yakni Vespa VBA. Vespa VBB mengalami penyempurnaan ukuran karburator menjadi Dellorto SI20/17C yang semula Dellorto SI20/17A pada VBA.

Selain itu, model VBB juga telah mengusung sistem transmisi manual empat percepatan. Sementara, VBA masih menggunakan sistem transmisi manual tiga percepatan.

Baca Juga: Keren.. Vespa Ini Tidak Pakai BBM Tapi Pakai Tenaga Matahari

Perubahan lain yang cukup mencolok tampak pada penambahan garis maya melengkung di boks bagasi, mesin, dan spakbor depan, tidak dibenamkannya indikator light di handlebar atau stang, hingga model lampu belakang yang mungil.