Keren.. Vespa Ini Tidak Pakai BBM Tapi Pakai Tenaga Matahari

Keren.. Vespa Ini Tidak Pakai BBM Tapi Pakai Tenaga Matahari Vespa Small Frame PTS yang diubah menggunakan tenaga matahari.

KabarOto.com - Vespa terkenal dengan kendaraan bermotor dengan mesin dua tak, kerap mengeluarkan asap putih dari knalpotnya. Namun bagaimana jika sebuah Vespa Small Frame PTS disulap menjadi kendaraan roda dua ramah lingkungan, tidak menggunakan bahan bakar minyak, melainkan menggunakan tenaga matahari.

Ini merupakan inovasi dibuat oleh Aneka Vespa berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Vespa tersebut dipamerkan dalam ajang Indonesia Scooter Festival (ISF) 2019 berlangsung di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Jawa Tengah, pada 21 dan 22 September 2019.

Baca Juga: Para Pencinta Sukter Hadiri Indonesian Scooter Festival 2019 Jogjakarta

baerai yang diletakkan di bawah jok.

Heru Amrih Edhie, founder Aneka Vespa mengatakan, alasan dia mengubah Vespa tersebut karena ingin menghadirkan energi alternatif lain selain BBM dan listrik. "Saya ingin buat yang pengisiannya tanpa listrik, karena motor listrik itu sudah ada, makanya altelnatif energi lain bisa kita dapatkan, ya dari matahari ini," terang Heru.

Tidak seperti motor listrik yang mengambil daya untuk baterai dari stop kontak, motor ini mendapatkannya dari sebuah Solar Cell yang dibuat sendiri. Kemudian setelah solar cell terisi, disalurkan menggunakan alat pengecasan yang disambungkan langsung ke motor, dan dihubungkan ke dalam baterai yang dipasang pada bagian bawah jok.

Proses pengisian daya baterai dari Solar Cell ke motor.

Tangki fungsinya untuk meletakkan baterai, bagian lain yang dimodifikasi adalah bagian mesin diganti dengan baterai dan dinamo sebagai penggerak. Lalu swing arm juga diganti dengan lebih ringan berbahan alumunium dan dudukan mesinnya dimodifikasi sendiri.

"Bagian starter dan saklar-saklar lampu juga kita modifikasi, dan bagian perseneling di setang sebelah kiri tidak gunakan, jadi dilas mati,” jelasnya.

Heru menambahkan, ini merupakan pertama kali dirinya memamerkan motor bertenaga surya ini, untuk selanjutnya dia akan memamerkan motor ini di ajang Suryanation Motoland Pasuruan, Jawa Timur.

Baca Juga: Skuter-skuter Unik Berusia Puluhan Tahun Ada Di Dalam Goa

Dia pun menjelaskan, jika nantinya inovasinya ini akan dikomersialkan. Nah jika ingin memiliki sebuah motor Vespa PTS yang ramah lingkungan, hanya dengan Rp 35 juta saja. Biaya tersebut sudah termasuk motor dan semua panel solar cell.