POPULAR STORIES

Air Menetes Dari Knalpot Saat Panaskan Mesin Mobil? Jangan Khawatir, Ini Penyebabnya

Air Menetes dari Knalpot Saat Panaskan Mesin Mobil? Jangan Khawatir, Ini Penyebabnya Air yang keluar dari knalpot terjadi karena kondisi mesin mobil dipagi hari dimana suhunya rendah, air yang keluar dari knalpot mobil bro and sis merupakan hasil dari pembakaran mesin yang sempurna.

Saat kita memanaskan mobil di pagi hari, tentu akan melihat tetesan air yang keluar dari dalam knalpot. Banyak orang yang tidak tahu sebab dari tetesan tersebut. Kebanyakan orang pun menyangka jika tetesan tersebut terjadi karena ada masalah pada mesin atau komponen lain dibagian pembakaran. Mang Ai, mekanik senior di bengkel di pusat onderdil Pondok Cabe mengatakan, bahwa kondisi tersebut normal dan pemilik mobil tidak perlu khawatir.

Air yang keluar dari knalpot terjadi karena kondisi mesin mobil di pagi hari dimana suhunya rendah, air yang keluar dari knalpot mobil bro and sis merupakan hasil dari pembakaran mesin yang sempurna. Hasil pembakaran mesin yang sempurna akan menghasilkan air dan akan keluar dari knalpot yang masih dingin kondisinya. Mang Ai juga mengatakan, jika pembakaran yang sempurna memang akan menghasilkan air. Ada kandungan senyawa karbon (C), Hidrogen (H), serta udara (O2) pada ruang mesin. Unsur itu akan menghasilkan air ketika terjadi pembakaran mesin.

Pada daerah bersuhu dingin, kejadian air menetes dari knalpot mobil sering terjadi karena sedikit banyak hal ini dipengaruhi oleh temperatur udara sekeliling yang dingin. Untuk daerah beriklim tropis, saat musim hujan, potensi terlihatnya air menetes dari knalpot semakin besar.

Baca Juga: