POPULAR STORIES

Airbag Bermasalah, Ratusan Ribu Mobil Kia Ditarik Kembali

Airbag Bermasalah, Ratusan Ribu Mobil Kia Ditarik Kembali Kia Carnival, salah satu line up yang di recall (Dok: istimewa)

KabarOto.com – Sebanyak 410 ribu unit mobil merek Kia yang dipasarkan di Amerika Serikat mengalami masalah di airbag yang kemungkinan gagal mengembang ketika terjadi kecelakaan.

Melansir dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Kia Motors America akan melakukan penarikan kembali kepada beberapa line up produknya, seperti Kia Sedona, Soul, Soul EV, Forte 2017-2018, dan Forte Koup 2017-2019.

Baca Juga : Kia Carens Cetak Rekor Pemesanan Terbanyak Di India

Dalam keterangan resminya, terdapat masalah di penutup airbag control unit (ACU) yang dapat mengenai chip memori di papan sirkuit, dan berpotensi merusak sirkuit listrik. Di mana, kerusakan ini bisa menyebabkan airbag tidak mengembang saat terjadi kecelakaan.

Sementara itu, Kia menjelaskan bahwa masalah ini terjadi di Korea Selatan pada Juli 2021. Di mana, pabrikan telah menerima keluhan sebanyak 13 laporan dari pelanggan dan 947 klaim garansi.

Baca Juga : Kia Sonet Modifikasi Di GIIAS 2021, Karya Autospot Dan Concept Motorsport

Meskipun belum ada laporan kecelakaan atau cedera dari masalah tersebut, Kia akan melakukan pemeriksaan di diler-diler resminya untuk memperbarui perangkat lunak atau mengganti unitnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pabrikan mobil asal Korea Selatan ini akan melakukan pengerjaan dan penggantian komponen tanpa dikenakan biaya alias gratis. Pemilik mobil Kia yang diduga mengalami masalah pada airbag ini akan diinformasikan pada 21 Maret 2022.