POPULAR STORIES

AISI Optimis Penjualan Sepeda Motor Tahun 2018 Mencapai 6 Juta Unit

AISI Optimis Penjualan Sepeda Motor Tahun 2018 Mencapai 6 Juta Unit

KabarOto.com - Johannes Loman, Ketua Umum AISI optimistis, hingga akhir tahun ini penjualan sepeda motor domestik akan mencapai 6,2 juta-6,3 juta unit. Tren positif ini akan memperbesar kontribusi industri sepeda motor bagi pertumbuhan ekonomi negara, baik melalui penciptaan jutaan tenaga kerja, maupun pajak yang kami berikan.

"Tentu kami tidak ingin berhenti di sini. Setiap produsen terus berinovasi dan mengembangkan teknologi, untuk menjawab kebutuhan mobilitas yang lebih baik di masa depan," papar Loman.

Baca Juga: IMOS 2018 Resmi Dibuka, Target Transaksi Rp20 Miliar

Disela-sela pembukaan IMOS 2018, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berharap, pertumbuhan industri sepeda motor lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi. Indonesia sebagai basis produksi sepeda motor sekaligus pasar nomor tiga di dunia setelah China dan India tentunya dapat mengalami pertumbuhan setiap tahun.

Mnteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Johannes Loman saat pembukaan IMOS 2018.

Baca Juga: AISI Minta Pemerintah Perhatikan Perkembangan Motor Listrik

"Pertumbuhan yang dialami cukup baik dan apabila hingga September 2018 ini ekspor sudah mencapai 450.000 unit, diharapkan target produksi untuk ekspor sebesar 10% hingga akhir tahun dapat dicapai,” jelas Airlangga.

Dia juga menyatakan agar ekspor industri sepeda motor Indonesia terus memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional. Airlangga menuturkan, saat ini tenaga kerja dari industri sepeda motor mencapai 800.000, ditambahkan komponen dan yang lainnya sebanyak 1,5 juta orang.

Kementerian Perindustrian mendorong kedepannya industri sepeda motor ini ikut serta dalam pelatihan perbengkelan atau keterampilan bagi masyarakat sehingga manfaatnya dapat dirasakan dan dapat mendorong usaha bengkel perawatan di masyarakat, terutama di desa karena hal ini mencerminkan industri 4.0.