Ajang Balapan Mobil Otonom "Roborace" Siap Dihelat Tahun Depan

Alif Sowandono
Alif Sowandono 30 Nov 2015 - 07:19
Ajang Balapan Mobil Otonom "Roborace" Siap Dihelat Tahun Depan
Perhelatan ajang balapan mobil otonom "Roborace" siap dihelat tahun depan. (Foto: Autocar.co.uk)

Tepatnya di akhir tahun depan bakal hadir ajang balapan khsusus untuk mobil otonom. Balapan mobil otonom tersebut dinamai Roborace yang dirancang sebagai platform kompetitif mengemudi otonom yang sekarang sedang dikembangkan. Balapan untuk mobil otonom tersebut sebagai bagian dari musim Formula E di 2016-2017 mendatang.

Mengutip laman Autocar, tujuan dari balapan mobil otonom atau roborace untuk menunjukkan bahwa teknologi mengemudi otonom sudah ada di sini, dan bahkan bisa bekerja dalam kondisi ekstrim. Roborace percaya ada banyak bakat independen di dunia yang mungkin berkontribusi terhadap inisiatif ini.

"Roborace merupakan tantangan terbuka untuk perusahaan ilmiah dan teknologi paling inovatif di dunia. Hal ini sangat menarik untuk menciptakan sebuah platform bagi mereka untuk memamerkan apa yang mereka mampu, dan saya percaya ada potensi besar bagi kita untuk menggali ide besar berikutnya melalui ajang unik ini" ujar CEO Formula E Alejandro Agag.

Ajang balapan mobil otonom bakal berlangsung sebelum Formula E reguler serta menggunakan sirkuit yang sama. Nantinya bakal ada 10 tim balap dengan dua mobil otonom mengikuti ajang roborace. Informasi lebih lanjut tentang tim dan teknologi yang digunakan akan terungkap awal tahun depan. Diprediksi kota-kota seperti Berlin, Paris, Moskow dan London akan menjadi tuan rumah balapan mobil otonom.

Baca Juga: