Ada Rekayasa Lalin Di Jalan Rasuna Said, Selama Pemasangan Girder Boks LRT

Ada Rekayasa Lalin di Jalan Rasuna Said, Selama Pemasangan Girder Boks LRT Iluatrasi rekayasa lalu lintas (ist)

KabarOto.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta dibantu Kepolisian, diketahui bakal melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di Simpang Kuningan mulai 2 Februari hingga 19 Agustus mendatang.

Kegiatan tersebut dilakukan, karena di ruas jalan HR Rasuna Said, sedang dilakukan kontruksi pemasangan boks girder bentang panjang light rail transit (LRT) Cawang-Dukuh. Agar tidak mengganggu arus lalu lintas, perlu dilakukan rekayasa.

Ilustrasi pemasangan girder LRT

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, ada 17 segmen boks girder yang akan dipasang di atas Simpang Kuningan. Pemasangan setiap segmen membutuhkan durasi 10 hari.

"Rekayasa lalu lintas disesuaikan dengan tahapan pekerjaan," kata Sigit dalam keterangan resminya Minggu (3/2/2019). Pada tahap awal, rekayasa lalin akan diberlakukan saat pembongkaran shoring P206 di underpass sisi barat pada 2-6 Februari 2019 dari pukul 23.00-04.00 WIB.

Baca Juga: Nih, Strategi Polisi Lalu Lintas Rangkul Kaum Milenial

Nantinya, kendaraan yang melaju dari arah Selatan (Mampang) menuju Utara (Menteng) yang melewati underpass, dialihkan keluar off ramp tengah melalui Simpang Kuningan - Jalan HR Rasuna Said sisi barat (samping underpass) – Menteng dan seterusnya.

Sementara saat pemasangan besi dan pengecoran di Jalan HR Rasuna Said sisi timur, kendaraan di jalur lambat dari arah utara (Menteng) yang akan menuju Selatan (Mampang), timur (Pancoran) dan barat (Semanggi) dialihkan mulai dari depan Tempo Scan Tower melalui Jalan Patra Terusan.

Untuk selanjutnya dapat menuju arah Jalan Gatot Subroto, lalu putar balik di putaran sebelum Simpang Pancoran dan dapat lurus ke arah Semanggi, atau belok kiri ke Mampang/Tegal Parang.

Bisa melewati underpass Mampang

Selama pengalihan arus lalu lintas tersebut, pengendara juga dapat menggunakan jalur cepat di Jalan HR Rasuna Said untuk melewati underpass ke arah Mampang, keluar off ramp tengah, lalu belok kiri ke arah Pancoran atau putar balik di Simpang Mampang Tendean, untuk selanjutnya belok kiri ke arah Semanggi dan seterusnya.

Baca Juga: Ini Cara Korlantas Polri Tanamkan Budaya Tertib Berlalu Lintas

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang diterapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," ujar Sigit.