POPULAR STORIES

Aki Tekor Bikin Pengapian CDI Rungkad? Ini Penjelasannya

Aki Tekor Bikin Pengapian CDI Rungkad? Ini Penjelasannya Aki Tekor Bikin Pengapian CDI Rungkad? Ini Penjelasannya (Kipli)

KabarOto.com - Banyak yang beranggapan bahwa aki hanya sekadar perangkat tambahan yang berfungsi sebagai starter elektrik maupun pendukung penerangan kendaraan. Lebih dari itu, ternyata aki punya pengaruh besar terhadap hidup matinya pengapiann atau CDI sepeda motor, kok bisa?

Tak hanya itu, CDI yang berfungsi sebagai pengatur pengapian untuk busi motor kesayangan Sobat juga bisa 'berantakan' dibuatnya. "Dalam beberapa kasus sepeda motor, ada yang sampai merusak CDI kalau sampai aki tekor," ujar Deris Fajar selaku Owner bengkel 2 Stroke Project.

Baca Juga: Darurat, Yuk Belajar Sambung Kabel Kelistrikan Kendaraan Sendiri Pakai Solder

CDI stabil akan membuat pembakaran busi optimal

Pria yang bermarkas di kawasan Sarua, Tangerang Selatan itu bilang, jika sudah terindikasi rusak, biaya untuk mengganti CDI baru pun tidak murah. "Beberapa motor, enggak hanya yang baru, yang lawas pun bisa sampai jutaan rupiah. Maka dari itu, voltase aki wajib dicek secara berkala, sayang kalau cuma gara-gara aki ratusan ribu rupiah jadi merembet hingga jutaan rupiah," sambung Deris, sapaan akrabnya.

pehobi motor-motor 2-tak tersebut bilang, kalau baiknya, pertahankan voltase aki di angka 14. "Kalau dia (volt) sampai di bawah angka 7, siap-siap saja malah merusak CDI, bisa 'bubar'," wantinya.

Baca Juga: Sultan Wajib Lirik, Knalpot Racing SP Tadao Kawasaki Ninja 150 RR Asli Jepang Rp8 Jutaan

Ia menambahkan, tak harus tipe motor tertentu yang lancarnya pengapian tergantung dari voltase aki tersebut, memang sebaiknya semua jenis kendaraan sudah sewajarnya mendapatkan suplai listrik yang stabil, karena hal itu juga berpengaruh pada optimalnya kinerja mesin. Hati-hati ya, Sobat!