Akibat Covid-19, Tak Ada Satupun Mobil Yang Terjual Di India

Akibat Covid-19, Tak Ada Satupun Mobil yang Terjual di India Mahindra XUV300 (Mahindra)

KabarOto.com - Penyebaran virus Corona (Covid-19), di sejumlah negara di dunia memang sangat mengkhawatirkan. Korban yang jatuh pun bukan hanya dari manusia, namun juga sektor industri, termasuk otomotif.

Sebab, sebagai upaya mencegah virus mematikan tersebut makin menyebar, beberapa negara menerapkan kebijakan lockdown. Sehingga, hampir seluruh kegiatan masyarakat di luar ruangan sangat dilarang.

Baca Juga: Tengok Kawasaki KR-1, Motor 250 CC Tercepat Di Dunia

Salah satu negara yang menerapkan kebijakan lockdown adalah India. Bahkan, sempat viral di media sosial betapa galaknya petugas keamanan di sana, bila mendapati warga yang masih berkeliaran di luar rumah.

Kebijakan lockdown di negara tersebut, akhirnya juga membawa dampak yang besar terhadap industri otomotif. Seperti diwartakan oleh Bloomberg, pada bulan April 2020, tak ada satu pun mobil yang terjual di sana.

Bahkan, produsen mobil di negara ini seperti Maruti Suzuki serta Mahindra & Mahindra tidak bisa mengirimkan kendaraan di pasar domestik bulan lalu. Demikian juga dengan Hyundai Motor India, Tata Motors, Ashok Leyland, Toyota Kirloskar Motor dan Honda Cars India.

Maruti Suzuki XL-6

"Maruti Suzuki India Limited memiliki nol penjualan di pasar domestik, pada April 2020. Ini karena sesuai dengan perintah pemerintah, semua fasilitas produksi ditutup," kata R.C. Bhargava, chairman of Maruti Suzuki kepada Bloomberg.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya juga belum memiliki gambaran terkait penjualan di bulan Mei. Apalagi, Perdana Menteri India, Narendra Modi, telah mengumumkan kebijakan lockdown diperpanjang hingga 17 Mei.

"Saya tidak bisa mengatakan apa yang akan terjadi pada bulan Mei. Apakah kita akan memulai produksi atau tidak. Hal tersebut tidak mungkin untuk diramalkan," tutur Bhargava.

Sementara itu, Veejay Nakra, Chief Executive Officer of Mahindra & Mahindra Automotive Division mengatakan, "Di Mahindra, kami bekerja bahu membahu dengan semua pemangku kepentingan, terutama mitra diler dan pemasok kami, untuk memulai kegiatan kami, begitu lockdown dicabut."

Baca Juga: Pekan Ini, BMW X6 Terbaru Meluncur Di Tanah Air

Padahal, menurut data dari Society of Indian Automobile Manufacturers (SIAM), perusahaan mobil di negara itu berhasil menjual 2.773.575 mobil penumpang pada tahun pada tahun 2019.

Meskipun tidak ada penjualan di pasar lokal bulan lalu, sejumlah perusahaan mencatat rekor ekspor, setelah beberapa pelabuhan di negara itu kembali beroperasi mulai tanggal 4 Mei, termasuk Maruti Suzuki (632 unit), Mahindra & Mahindra (733 unit), dan Hyundai (1.341 unit).