Akio Toyoda Pamer 15 Mobil Listrik Toyota Dan Lexus, Berikut Rinciannya!

Akio Toyoda Pamer 15 Mobil Listrik Toyota dan Lexus, Berikut Rinciannya! Line up mobil listrik Toyota di masa depan (Dok: Toyota)

KabarOto.com – Bos Toyota, Akio Toyoda menghadirkan 15 konsep mobil listrik yang menggambarkan masa depan dari Toyota dan Lexus.

Dari 15 konsep tersebut, terdapat model city car, sedan, SUV dari segala bentuk dan ukuran hingga pikap dan mobil sport. Beberapa di antaranya didasarkan pada model yang ada, tetapi ada juga beberapa kendaraan baru yang didasarkan pada arsitektur e-TNGA khusus EV.

Akio Toyoda mengkategorikan kendaraan menjadi dua jenis – kendaraan pengurang karbon (HEV dan PHEV) dan kendaraan netral karbon (BEV dan FCEV).

Mobil listrik pertama yang dipresentasikan adalah jajaran Toyota bZ yang merupakan produk dengan harga yang paling terjangkau, termasuk bZ4X dan empat konsep baru yang semuanya berdasarkan arsitektur e-TNGA.

Baca Juga : Toyota Dipastikan Hadirkan Mobil Listrik Ke Indonesia Tahun 2022

Di antaranya, ada crossover kompak yang sporty dengan garis atap bergaya coupe (bZ compact SUV), desain B-SUV (bZ small Crossover) untuk Eropa dan Jepang dengan tujuan konsumsi daya 125 Wh/km, mengendarai sedan ukuran sedang (bZ sdn) yang tampak seperti saingan Tesla Model 3, dan SUV tiga baris besar yang berfokus pada keluarga (bZ Large SUV).

Jajaran untuk merek Lexus mencakup EV khusus pertama yang disebut RZ yang merupakan versi produksi dari konsep LF-Z Electrified. Lalu ada baterai sport EV yang terlihat seperti penerus spiritual LF-A dengan jangkauan jelajah yang diharapkan lebih dari 700 km berkat baterai solid-state, dan akselerasi 0-100 km/jam diselesaikan dalam rentang 2 detik.

Selain itu, ada juga prototipe ukuran penuh dari SUV besar (Lexus Electrified SUV) dan sedan sporty bermerek Lexus yang tidak disebutkan namanya. Terakhir ini juga muncul dalam bentuk hatchback dalam rendering resmi, bersama dengan cabriolet 2+2 yang menampilkan gaya serupa.

Selain itu, ada juga kendaraan listrik yang lebih beragam, seperti kendaraan komersial seperti shuttle bus otonom, van kompak yang dirancang untuk bisnis dan liburan, dan EV perkotaan serbaguna. Compact Cruiser EV menggabungkan fitur styling dari FJ Cruiser dalam apa yang bisa menjadi EV lima pintu yang berfokus pada off-road.

Baca Juga : Review Mobil Bekas: Toyota Kijang Innova 2.0V AT 2017

Di sebelahnya, ada pickup elektrik dual-cab pertama Toyota yang tampak mirip dengan Hilux atau Tacoma dalam hal dimensi tetapi mendapat fitur desain modern yang terinspirasi oleh Tundra yang lebih besar.

Small SU EV terlihat seperti Toyota CH-R listrik dengan pendekatan gaya dinamis, sedangkan Crossover EV sedikit lebih besar dan lebih halus dalam hal desain eksterior, kemungkinan melihat masuknya Toyota ke segmen C-SUV. Terakhir, ada mobil sport EV dengan proporsi mid-engine dan kabin dua tempat duduk.

Semua kendaraan yang disebutkan di atas adalah bagian dari tujuan Toyota dan Lexus untuk memperkenalkan total 30 BEV di pasar pada tahun 2030, dengan tujuan 3,5 juta penjualan global.

Pada tahun 2030, Lexus akan memiliki jajaran lengkap EV yang mencakup semua segmen, dan akan menjadi merek listrik di Eropa, Amerika Utara, dan Tiongkok yang menargetkan penjualan tahunan 1 juta EV. Penjualan global model Lexus EV dimulai pada tahun 2035.