Alex Albon Didiskualifikasi, Posisi Start Balapan Berubah

Alex Albon Didiskualifikasi, Posisi Start Balapan Berubah Dok : F1

KabarOto.com – Hasil kurang menyenangkan menghantui tim Williams pada F1 Australia akhir pekan (10/4). Setelah Nicholas Latifi mengalami insiden dengan Lance Stroll (Aston Martin) pada sesi kualifikasi 1 (Q1), membuat start melorot hingga posisi 19.

Nasib tidak beruntung juga jatuh ke rekan setimnya yakni Alex Albon, pembalap asal Thailand itu harus didiskualifikasi. Penyebabnya sepele, karena Williams tidak dapat memberikan contoh bahan bakar 1 liter yang diperlukan FIA, sebagaimana ditentukan oleh Pasal 6.5.2 Peraturan Teknis Formula 1 FIA.

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 Australia 2022: Charles Leclerc Raih Pole Position

Oleh karena itu, pihak pengawas lomba mengambil keputusan untuk mendiskualifikasi Albon dari kualifikasi, walau begitu bukan berarti ia tidak diizinkan untuk memulai balapan, ia tetap boleh balapan hari ini di Sirkuit Albert Park namun mulai dari posisi paling belakang.

“Menyedihkan karena tidak lolos ke kualifikasi 2 (Q2) hari ini. Tapi tim telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam semalam untuk memaksimalkan performa mobil, jadi kami berada dalam posisi untuk berjuang lebih,” ujar Albon.

Hal ini tentu mempengaruhi starting grid mulai dari 16 hingga 20, masing-masing naik satu grid. Dengan begini Kevin Magnussen (Haas) bakal start posisi 16, diikuti Sebastian Vettel (Aston Martin) yang menempati posisi 17, lalu Nicholas Latifi posisi 18, dan Lance Stroll di 19.

Baca juga: Sebastian Vettel Kembali, Langsung Keliling Trek Naik Motor

Hal ini sebelumnya juga pernah terjadi kepada Sebastian Vettel musim lalu saat F1 Hungaria 2021. Pembalap Jerman itu seharusnya bisa podium runner-up, namun karena sisa bensinnya tidak memenuhi syarat terpaksa gelar itu diberikan ke Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas).

Starting Grid F1 Australia 2022 :