POPULAR STORIES

Hasil Kualifikasi F1 Australia 2022: Charles Leclerc Raih Pole Position

Hasil Kualifikasi F1 Australia 2022: Charles Leclerc Raih Pole Position Dok : F1

KabarOto.com – Dominasi Ferrari musim ini tetap berlanjut, Charles Leclerc berhasil meraih pole position dalam sesi kualifikasi GP Australia, Sabtu (9/4). Pembalap Monako tersebut mendapat waktu 1:17,868 detik.

"Saya berhasil melakukan beberapa lap yang baik, tetapi tidak semuanya bersama-sama dan di Q3 saya berhasil mengumpulkan semuanya. Rasanya luar biasa, dan sangat senang berada di pole besok," ujar Leclerc.

Baca Juga : Sebastian Vettel Kembali, Langsung Keliling Trek Naik Motor

Keberhasilan Leclerc kali ini sekaligus memecahkan raihan pole position tim Ferrari di sirkuit Melbourne 15 tahun lalu, ditorehkan Kimi Raikkonen tahun 2007.

Kembali ke hasil musim ini, posisi dua dan tiga diisi duet Red Bull Racing, Max Verstappen dan Sergio Perez yang masing-masing punya kesempatan mengambil alih pimpinan lomba. Dengan perbedaan waktunya pun tipis 1:18,154 detik dan 1:18,240 detik. "Saya senang berada di urutan kedua, tetapi sebagai tim kami menginginkan lebih," papar Verstappen.

Posisi keempat Lando Norris (McLaren) berhasil menunjukkan kalau mampu bersaing musim ini dengan waktu 1:18,703 detik. Di belakangnya mengikuti duet Mercedes AMG Petronas yakni Lewis Hamilton dan George Russell, yang menorehkan waktu 1:18,825 detik dan 1:18,933 detik.

Baca Juga : Hal Menarik Jelang Balapan F1 Australia, Lewis Hamilton Masih Pegang Rekor

Daniel Ricciardo (McLaren) bakal start posisi ketujuh setelah meraih waktu 1:19,032 detik. Lalu Esteban Ocon (Alpine) berada di urutan kedelapan dengan catatan waktu 1:19,061 detik.

Carlos Sainz (Ferrari) tak terduga hanya mampu start posisi kesembilan dengan waktu 1:19,408 detik. Dan posisi 10 besar ditutup oleh Fernando Alonso (Alpine) yang menyelesaikan lap 1:18,815 detik di sesi kualifikasi kedua, laju juara dunia dua kali itu terhenti akibat kerusakan hidrolik.

Bendera merah sempat dikibarkan dengan dua menit tersisa saat Q1, penyebabnya adalah tabrakan antara Nicholas Latifi (Williams) dan Lance Stroll (Aston Martin), Stroll melambat dan Latifi mencoba untuk kembali mengambil posisi di tikungan lima namun tabrakan tidak terhindari. Ban depan kanan Stroll menyenggol ban kiri belakang Latifi.

Hasil Kualifikasi F1 Australia 2022 :