POPULAR STORIES

Hal Menarik Jelang Balapan F1 Australia, Lewis Hamilton Masih Pegang Rekor

Hal Menarik Jelang Balapan F1 Australia, Lewis Hamilton Masih Pegang Rekor Sumber: Formula 1

KabarOto.com - Balapan Formula 1 kembali lagi ke Sirkuit Albert Park di Melbourne, Australia, setelah sempat absen selama 2 musim akibat pandemik Covid-19. Namun tahukah jika ada hal menarik jelang balapan yang sesungguhnya pada esok hari, Minggu (10/04).

Juara dunia F1 7 kali yakni Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) dan rekan satu timnya, George Russel, masih belum menemukan performa terbaik dari mobil berkode sasis W13, adaptasi regulasi baru musim 2022 ternyata malah menyulitkan tim yang bermarkas di Inggris tersebut.

Adaptasi desain sudah dilakukan di W13, kesulitan pada balapan seri pembuka di Bahrain membuat tim melakukan perubahan sayap belakang dan depan, hingga beberapa setting yang dianggap bisa mempengaruhi performa W13. Namun nyatanya belum ada yang signifikan, Hamilton dan Russel pada sesi latihan bebas (free practice) terlempar dari 10 besar.

Baca juga: McLaren Dan Red Bull Racing Berjudi Untuk Musim 2022, Mengadopsi Suspensi Pull-Rod

Sayap belakang awal di Bahrain
Perubahan sayap belakang saat di Arab Saudi

Hanya tim Scuderia Ferrari dan Red Bull Racing menunjukan dominasinya, pada latihan bebas saja kedua tim masih menunjukan yang tercepat. Kemungkinan kualifikasi dan balapan F1 akan berlangsung ketat, antara Scuderia Ferrari dan Red Bull Racing.

Sebagai informasi, walaupun demikian ternyata Lewis Hamilton masih menjadi rajanya di Sirkuit Albert Park ini. Pria asal Inggris tersebut menorehkan rekor 8 kali pemegang pole position, kemudian disusul juara dunia F1 3 kali yakni Ayrton Senna dari Brazil.

Pembalap

Jumlah Pole Position

Lewis Hamilton

8

Ayrton Senna

6

Nigel Mansell

3

Mika Hakkinen

3

Michael Schumacher

3

Sebastian Vettel

3

Perihal zona Drag Reduction System (DRS), semula sudah diberitahukan akan ada 4 zona. Hal ini diklaim akan membuat tontonan lebih seru, dan para pembalap dapat memacu mobilnya lebih cepat lagi di Sirkuit Albert Park tersebut.

Namun akhirnya, pihak pimpinan lomba F1 memutuskan untuk mengurangi zona DRS, menjadi 3. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Balap FIA Niels Wittich pada Sabtu pagi (09/04).

Di tengah perubahan trek menjelang kembalinya ke kalender 2022, Albert Park dijadwalkan untuk menampilkan empat zona DRS, menambahkan yang baru antara Tikungan 8-9. Zona DRS di bentangan kiri yang panjang, bagaimanapun, kini telah dihapus, sebagaimana dirinci dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Sabtu menjelang FP3.

Baca juga: Adu Desain Tim Formula 1, Solusi Jadi Tercepat

Pengurangan zona DRS demi alasan keselamatan

"Untuk alasan keamanan, Zona DRS akan dikurangi menjadi 3 untuk sisa acara. Deteksi DRS 1 akan dipindahkan ke sebelum belokan 9, aktivasi DRS 1 akan setelah belokan 10, deteksi DRS 2 akan tetap tidak berubah, dengan zona aktivasi berikut akan dinomori ulang," bunyi pernyataan itu.

Apapun yang dilakukan oleh FIA, semata-mata demi keselamatan para pembalap. Ketika latihan bebas kemarin saja, Sebastian Vettel (Aston Martin) keluar lintasan pada putaran 11, setelah sebelumnya ia didenda sebesar $5.000 akibat mengitari sirkuit menggunakan motor skutik.

Saat berita ini di turunkan, tengah berlangsung sesi kualifikasi untuk menentukan siapa yang tercepat dan memegang pole position.