POPULAR STORIES

Alfa Romeo Giulia SWB Zagato, Perpaduan Retro Dan Sporty

Alfa Romeo Giulia SWB Zagato, Perpaduan Retro dan Sporty Foto: Netcarshow

KabarOto.com - Dalam rangka memperingati 100 tahun kolaborasi antara Alfa Romeo dan Zagato, perusahaan asal Milan, Italia, tersebut memilih untuk memperingati hari jadi penting ini dengan menciptakan model baru.

Alfa Romeo dan Zagato sendiri berkolaborasi sejak 1921, dengan menghadirkan karyanya diberi nama TIPO G1. Pada 2021 membuat ide membangun mobil bergaya retro namun tetap terlihat sporty. Alfa Romeo Giulia SWB Zagato menjadi jawaban atas upaya memperingati sejarah kerjasama tersebut.

Idenya adalah untuk merayakan produksi Alfa Romeo Giulia dan Stelvio saat ini, bersama dengan mesin V6 twin turbo berkapasitas 2.900 cc legendaris dalam evolusi GTAm terbarunya dengan bodi Coupé Zagato dua pintu berbahan serat karbon dan jarak sumbu roda yang diperpendek.

Baca juga: Manhart Giulia QV600, Versi Gahar Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio

Proyek tersebut terlaksana saat bertemu dengan minat pelanggan Jerman, yang dipilih dari antara kolektor Zagato, dengan banyak Alfa Romeo di garasinya termasuk Competizione 8C yang langka, serta semua model berbeda dari era Alfa Romeo baru-baru ini.

DNA yang sempurna, oleh karena itu, untuk membaptis babak baru ini dalam sejarah legendaris kedua perusahaan asal kota Milan dan untuk menambahkan sentuhan eksklusivitas lebih lanjut, proyek ini dimulai dari Manual Giulia Quadrifoglio yang diperbarui oleh Zagato dalam isinya ke GTAm, dengan mempertahankan penggunaan transmisi manual 6-percepatan.

Soal desain, jika untuk peringatan 100 tahun berdirinya Alfa Romeo (1910-2010), Zagato memilih tema 'TZ', menciptakan TZ3 Corsa dengan mesin 8C - pemenang di Villa D'Este - diikuti oleh TZ3 Stradale berdasarkan Chrysler Viper dan langsung disebut oleh pers internasional sebagai Alfa Romeo Amerika pertama, untuk ulang tahun ganda baru ini temanya adalah 'SZ'.

TZ dan SZ membanggakan dua bahasa desain yang berbeda tetapi keduanya mendandani konsep Zagato dari Granturismo. Oleh karena itu, desain prototipe Giulia SWB (jarak sumbu roda pendek) Corsa merupakan evolusi alami dari model Alfa Romeo SZ dimulai dengan versi Codatronca, lahir pada tahun 1961, dan yang mendominasi Kelas GT-nya pada tahun 1962 - 1963 hingga lebih S.Z baru-baru ini yang ujung depannya mengilhami perawatan depan Tonale terbaru.

Baca juga: Alfa Romeo Rilis Giulia Dan Stelvio Edisi Terbatas Estrema

Berbeda dengan S.Z. tahun 1990, berdasarkan Alfa Romeo 75 Evoluzione, yang tidak memiliki jarak sumbu roda yang diperpendek, prototipe baru ini diberi nama "SWB" karena dikembangkan sendiri oleh Zagato dari denah lantai modular Giorgio dari Giulia dan Stelvio, mengoptimalkan overhangnya dan wheelbase, sesuai dengan tradisi olahraga Zagato.

Proses desain dilakukan sesuai dengan ide kerja sama tim Zagato, yang mendapat dukungan dari Alejandro Mesonero (Kepala desain Alfa Romeo) dan timnya sejak awal. Namun, konsepsi, pengembangan, dan produksi mobil dilakukan sepenuhnya dan mandiri oleh Milanese Atelier tanpa dukungan eksternal. Kehadiran lencana Alfa Romeo di mobil semata-mata untuk tujuan deskriptif dan promosi dan pilihan Zagato untuk mengambil inspirasi dari Alfa Romeo S.Z.

Mobil tersebut, setelah pemotretan di sirkuit 'La Pista' di Arese, kemudian akan secara resmi diserahkan kepada pelanggan, untuk mengakhiri tahun penting bagi Zagato dan menyegel kolaborasi yang telah diberikan selama lebih dari 100 tahun. naik ke lebih dari 150 model dengan nilai kolektor tertinggi.