POPULAR STORIES

Aliansi Renault-Daimler Ciptakan Mesin Mini

Aliansi Renault-Daimler Ciptakan Mesin Mini Mesin baru Aliansi Renault, Nissan, Mitsubishi, dan Daimler. (istimewa)

KabarOto.com - Aliansi Renault, Nissan, Mitsubishi, dan Daimler sukses menciptakan mesin baru dengan ukuran mini. Rencananya, mesin itu akan mulai digunakan pada Januari 2018 di mobil-mobil yang akan mereka pasarkan di Eropa.

Mesin mini 1,3 liter tersebut dipersenjatai turbocharger. Rencananya, mesin tersebut akan disematkan di mobil Scenic dan Grand Scenic. Mesin berkonfigurasi 4 silinder ini memiliki tiga varian output daya.

Baca Juga:

Variannya adalah 113 Tk, varian 138 Tk dan 158 Tk. Torsi berkisar antara 220 Nm dan 270 Nm yang tercapai pada kisaran 1.500 rpm hingga 3.500 rpm. Model 113 Tk hanya dilengkapi dengan transmisi manual enam kecepatan. Sementara untuk varian yang lebih tinggi memdapat pilihan transmisi EDC tujuh kecepatan.

Renault punya banyak pilihan mobil yang bisa memanfaatkan teknologi berkat aliansi dan kemitraannya dengan Daimler. Supercar Nissan GT-R juga hasil pengembangan bersama.

Daimler punya peran penting dalam mengawasi standar kualitas mesin. Ada pengujian 40.000 jam terhadap mesin baru 1,3 liter. Rencananya mesin kecil bertenaga besar tersebut bakal diproduksi di pabrik Renault di Valladolid, Spanyol.

Di luar tenaga, baik Scenic dan Grand Scenic mendapat keuntungan baru. Renault mengklaim penghematan bahan bakar jadi lebih baik. Untuk mesin 113 Tk dan 138 Tk, mencapai 22,2 km/liter (21,4 km/liter untuk Grand Scenic) dan emisi CO2 122 gr/km.