All New Kia Sorento, Punya Teknologi Turbo "Smartstream"

All New Kia Sorento, Punya Teknologi Turbo "Smartstream"

KabarOto.com - Tak ingin menunggu lama-lama para konsumen penasaran All New Kia Sorento, Kia Motors Corporation melansir detail platform yang digunakan pada sumber tenaganya.

Seperti sudah kami beritakan sebelumnya, Kia mengklaim Sorento lebih lega, nyaman dan karanter berkendara lebih menjanjikan sebagai Sport Utility Vehicle (SUV).

Baca juga: All-New Kia Sorento Pertahankan Kesempurnaan SUV



Dimensinya kini dibeberkan telah alami penambahan panjang sebanyak 10 mm berbanding sebelumnya. Jarak sumburoda juga lebih panjang 35 mm menjadi 2.815 mm. Kabinnya kini lebih lega dan terunggul dalam ruang bagasi.



Sekadar kembali mengingat sejarah, generasi pertama Sorento tahun 2002 menggunakan konstruksi body-on-frame, mengedepankan kemampuan di jalur berbagai medan. Peralihan konstruksi dilakukan di generasi kedua tahun 2009 dengan struktur monokok. Kian unggul dalam hal ruang kabin, kepraktisan, efisiensi dan kualitas.

Adapun platform mesin All New Sorento yang diklaim agar tangguh di Korea, Eropa dan Amerika Utara, menggunakan sumber tenaga hybrid "Smartstream" turbo. Aplikasi elektrifikasi pertama untuk jajaran Sorento.

Baca juga: Menjajal Peugeot 3008 Allure Plus dengan Rute Jakarta-Solo



Mesin yang dipakai adalah 1.6L T-GDi (Turbocharged Gasoline Direct Injection). Mesin listriknya berkekuatan 44,2 kW dan baterainya berkapasitas 1,49 kWh berbahan lithium ion polymer. Total tenaganya mencapai 230 dk dan torsinya 350 Nm.

Agar ruang tetap mengakomodasi muat barang dan penumpang, baterai ditempatkan di bagian bawah penumpang. Oh iya, mesin bensin masih akan dipakai Hyundai untuk masa depan dengan dipadu plug-in hybrid.



Mesin paling bertenaga juga disuguhkan yakni ‘Smartstream’ 2.5-liter T-GDi untuk pasar Korea dan Amerika UTara. Diklaim tenaganya mencapai 281 dk dan torsinya 421 Nm. Disanding transmisi otomatis 8 Dual Clutch Transmission.

Sementara mesin diesel empat silinder 2.2L "Smartstream" menjadi suguhan untuk konsumen di Korea dan Eropa. Klaim tenaganya mencapai 202 dk dan torsinya 440 Nm.