POPULAR STORIES

All-new Subaru Levorg Prototype, Nyaman Untuk Berkendara Jarak Jauh

All-new Subaru Levorg Prototype, Nyaman untuk Berkendara Jarak Jauh

KabarOto.com – Dalam memeriahkan 46th Tokyo Motor Show 2019 beberapa waktu yang lalu, Subaru Corporation memperkenalkan All-new Subaru Levorg Prototype sebagai kendaraan nyaman untuk dibawa berkendara jarak jauh pada 23 Oktober 2019, meskipun mobil prototype ini dikabarkan tidak akan dijual untuk pasar Amerika Serikat.

Filosofi nama Subaru Levorg berasal dari kata legacy, evolution dan touring yang telah dijual sejak 2014, tersedia untuk pasar Jepang serta Eropa. Model 2014 ini berbagi platform dengan Legacy generasi terakhir dan menggunakan beberapa mesin yang berbeda, termasuk yang ditemukan di sedan model WRX.

All-new Subaru Levorg Prototype diyakini Subaru masih dalam bentuk purwarupa, meskipun sudah terlihat sebagai versi produksi. Model prototype ini mengusung Subaru “Grand Touring philosophy” yang dirancang supaya pengendara dan penumpang merasa lebih nyaman berkendara dalam jarak jauh, aman, dan lebih menyenangkan dalam setiap perjalanan.

Baca juga: Subaru WRX Dan WRX STI Series.White, Jelas Terbatas!

Secara desain, mobil prototype ini terlihat hanya sebuah model facelift karena desainnya belum banyak berubah, meskipun Subaru menyebut All-new Levorg sebagai mobil yang sama sekali baru. Dikarenakan model terbaru ini mengusung bodi dan sasis Subaru Global Platform yang diperkenalkan tahun 2017 pada model Impreza.

Struktur bodi dan sasis Subaru Global Platform sangat berguna untuk menciptakan mobil yang lebih aman dan kuat, dengan handling lebih baik serta mengemudi yang nyaman. Bodi dan sasis ini juga digunakan pada model-model lain seperti Subaru Legacy / Outback dan The Ascent.

Sayangnya, Subaru tidak memperlihatkan interiornya, hal ini menunjukkan bahwa Subaru belum cukup siap untuk menunjukkan kabin All-new Levorg.

Namun, Subaru menyematkan beberapa teknologi terbaru pada all-new Levorg seperti penyempurnaan sistem keamanan EyeSight Subaru, sistem keamanan ini mengandalkan empat radar dan kamera stereo sudut lebar dengan pandangan lebih lebar serta empat radar untuk menawarkan pandangan 360 derajat dari kendaraan.

Selain itu, model terbaru Levorg menjanjikan sistem bantuan pengemudi terbaru yang akan beroperasi dengan peta navigasi definisi tinggi. Sistem bantuan pengemudi ini dapat memberikan informasi lebih baik mengenai kondisi lalu lintas yang akan dilintasi dan dapat mengurangi kecepatan secara otomatis saat diperlukan serta dapat melaju secara otomatis dalam lalu lintas stop & go.

Sistem ini memanfaatkan basis GPS dan Michibiki (Quasi-Zenith Satellite System) yang berguna untuk meningkatkan keamanan ketika terjadi keadaan darurat di jalan. Sistem bantuan pengemudi ini mirip dengan perangkat lunak ProPilot 2.0 yang diperbarui dari Nissan.

Baca juga: Akhiri Era EJ20, Subaru Luncurkan WRX STI Final Edition Secara Terbatas

Selain itu, Subaru juga menyematkan sistem 'Advanced Automatic Collision Notification' baru, sistem ini dapat memberikan pesan kepada layanan darurat ketika kendaraan telah terlibat dalam tabrakan besar. Sistem ini juga bisa melakukan kontak langsung ke operator jika terjadi keadaan darurat, misalnya jika pengemudi membutuhkan medis saat terjadi kecelakaan.

Sistem bantuan pengemudi yang diperbarui ini bertujuan untuk mencapai peringkat keselamatan bintang lima dengan ANCAP dan Euro NCAP mulai tahun 2020.

Dapur pacunya mengandalkan mesin boxer turbocharged yang baru dikembangkan, mengusung mesin 4 silinder Subaru horizontally-opposed direct-injection turbo berkapasitas 1.800 cc dengan sistem direct injection dan teknologi lean-burn.

Subaru menyebut bahwa All-new Levorg secara resmi mulai diluncurkan di pasar domestik Jepang pada paruh kedua tahun 2020. Sedangkan untuk penjualan untuk pasar lainnya akan diinformasikan lebih lanjut secara resmi oleh Subaru. (Nora Dian Pratama)